Pastikan Penanganan Covid Prosedural, Kesbangpol Sultra Turunkan Tim Pemantau – Kendari Pos
Metro Kendari

Pastikan Penanganan Covid Prosedural, Kesbangpol Sultra Turunkan Tim Pemantau

Kepala Kesbangpol Sultra, Parinringi (tengah) bersama staf menerima kunjungan silaturahmi Dirut Kendari Pos Irwan Zainuddin (tiga dari kiri) yang didampingi Pemred Kendari Pos, Inong Saputra (kiri), dan Manager Iklan Kendari Pos, Awal Nurjadin (dua dari kiri) di Kantor Kesbangpol Sultra, Jl. Made Sabara, Kendari, Selasa (26/5).


KENDARIPOS.CO.ID — Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) bekerja sama dengan gugus tugas corona virus disease 2019 (Covid-19) Sultra terus memantau pergerakan organisasi perangkat daerah (OPD) dalam upaya penanganan wabah “impor Made In Wuhan”. Hal itu untuk memastikan penanganan virus tak kasat mata, berjalan sesuai prosedur.

Kepala Kesbangpol Sultra, Parinringi menuturkan, pengawasan serius terhadap penanganan pandemi Covid-19 sangat penting dilakukan untuk mencegah terjadinya potensi penyelewengan oknum-oknum tertentu. “Saat ini masyarakat tengah menghadapi musibah akibat wabah korona. Kami tidak ingin ada penyalahgunaan terhadap upaya-upaya penanganan covid-19. Terutama mengenai distribusi sembako, alat pelindung diri (APD), dan penyaluran bantuan sosial (Bansos),” ujar Parinringi saat bincang santai bersama direksi dan manajemen, Selasa (26/5). Bincang santai berjalan tanpa mengabaikan physical distancing di kantor Kesbangpol Sultra.

Parinringi menegaskan jika ditemukan kecacatan prosedur, tim di lapangan akan membuat laporan. Nantinya diserahkan kepada Gugus Tugas Covid-19 Sultra untuk ditindak lanjut. “Kita berharap langkah negatif dalam upaya penanganan Covid-19 tidak terjadi. Ketika di lapangan ada yang “bermain”, maka tidak ada kata kompromi dan langsung kita laporkan,” tegas Parinringi.

Mantan Wakil Bupati Konawe itu menjelaskan, sebagai penguatan dalam memantau penanganan covid-19, pihaknya telah membentuk tim pemantau lapangan yang tersebar di 17 kabupaten dan kota. Tupoksinya memantau pergerakan OPD secara maksimal. “Tim tersebut untuk memudahkan pemantauan dilapangan. Sehingga kami tidak akan kecolongan dalam menjalankan tugas memantau penanganan Covid-9,” beber Parinringi.

Lebih jauh Parinringi menjelaskan, Kesbangpol juga tengah menyalurkan 2.000 lembar masker, 2.000 botol hand sanitizer, dan 3.000 suplemen vitamin. Bantuan tersebut menyasar 400 organisasi kemasyarakatan (Ormas) se-Sultra. “Nantinya akan disalurkan secara gradual. Kini progresnya telah mencapai 40 persen. Targetnya dalam waktu dua minggu ini, telah dibagikan menyeluruh. Semoga bantuan APD tersebut dapat membantu masyarakat dalam hal ini para anggota ormas agar senantiasa terlindungi dari paparan virus corona. Termasuk vitamin sebagai suplemen meningkatkan kekebalan tubuh. Data imun yang kuat dapat mencegah pengaruh kerja virus. Kita juga berharap dengan adanya bantuan tersebut, dapat meminimalisir penyebaran Covid-19 di Bumi Anoa,” tutup mantan Plt.Bupati Konawe itu.

Sementara itu, Direktur Utama Kendari Pos, Irwan Zainuddin mendukung Kesbangpol Sultra mengawasi pergerakan OPD Sultra dalam menangani Covid. Harian Kendari Pos siap bersinergi untuk memberitakan setiap kegiatan yang dilakukan Kesbangpol. “Melalui pemberitaan media, masyarakat dapat mengetahui setiap kegiatan yang dilakukan OPD menangani covid. Sehingga mekanisme yang dijalankan benar-benar transparan. Untuk itu, dapat mereduksi potensi terjadinya kecacatan prosedur atau penyelewengan,”kata Irwan Zainuddin.

Melalui media massa pula, dapat menjadi alternatif edukasi masyarakat tentang protokol kesehatan pencegahan Covid. Kendari Pos senantiasa siap berintegrasi dalam upaya penanganan virus ini. Tentu sesuai peran dan fungsi media massa. “Kerja sama dari berbagai elemen sangat krusial dalam memerangi pendemi covid sebagai upaya percepatan mencegah sebaran virus tak kasat mata. Agar stabilitas sosial maupun ekonomi kembali normal sedia kala,” ungkap Irwan Zainuddin. (m6/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy