Pakai Data Lama, Bantuan di Kolaka Salah Sasaran : Ada PNS dapat Bansos – Kendari Pos
Kolaka

Pakai Data Lama, Bantuan di Kolaka Salah Sasaran : Ada PNS dapat Bansos

Syaifullah Halik

KENDARIPOS.CO.ID — Wabah virus Covid-19 membuat pemerintah mengalokasikan anggaran besar untuk penanganannya. Sebagian besar anggaran tersebut dipergunakan untuk memberikan bantuan pada masyarakat miskin. Sayangnya, dalam penyaluran tersebut banyak ditemukan penerima yang tidak tepat sasaran.


“Kami menerima laporan bahwa penerima bantuan Covid-19 ini banyak tidak tepat sasaran. Artinya, ada warga yang seharusnya mendapatkan bantuan, malah tidak diberi. begitu juga sebaliknya. Contoh, ada warga yang sudah jadi PNS di Kecamatan Baula tapi dia masih dapat bantuan sosial,” ungkap Anggota Komisi III DPRD Kolaka, Syaifullah Halik saat dihubungi, Senin (11/5).

Menurut Legislator Partai Gerindra tersebut, bantuan salah sasaran itu disebabkan karena pemerintah masih menggunakan data lama sebagai rujukan penyaluran bantuan. Padahal kondisi perekonomian warga bisa saja berubah setiap saat. Untuk itu, Syaifullah meminta pemerintah memverifikasi kembali data tersebut sebelumnya menyalurkan bantuan.

“Kami meminta kepada pemerintah agar jangan dulu salurkan bantuan sebelum verifikasi data. Sebab itu bisa juga menimbulkan kegaduhan di masyarakat,” ujarnya. Lebih ironis lagi kata Syaifullah, ada bantuan yang bersumber dari APBN yang masuk langsung ke rekening penerima tanpa melalui lembaga atau instansi di lingkup Pemkab Kolaka. Padahal kata dia, penerima tersebut bisa saja sudah tidak layak lagi dibantu.

“Inilah sebenarnya perlu ada sinkronisasi data dari tingkat daerah sampai pusat sehingga datanya benar-benar valid. Tapi kondisinya sekarang yang kami lihat tidak seperti itu,” sorot Syaifullah. (c/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy