Pajak Rumah Makan dan Hotel di Konut Menurun – Kendari Pos
Konawe Utara

Pajak Rumah Makan dan Hotel di Konut Menurun

Asni

KENDARIPOS.CO.ID — Pencegahan pemutusan mata rantai Covid-19 di Konawe Utara (Konut) tak hanya berimplikasi pada lemahnya perekonomian masyarakat. Sebab situasi saat ini juga berdampak pada sisi pendapatan pajak bagi daerah. Kepala Bidang Pajak Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Konut, Asni, menuturkan, besaran penerimaan pajak rumah makan dan perhotelan di Bumi Oheo mengalami penurunan sejak pandemi Covid-19.

“Bila dibandingkan pada Januari hingga Maret, pendapatan dari sektor pajak rumah makan dan hotel setiap bulannya mencapai Rp 20 juta lebih. Tapi sekarang, sejak wabah corona yang dimulai April hingga sekarang pendapatannya tidak sampai Rp 10 juta perbulan. Artinya, mengalami penurunan signifikan,” kata Asni, Senin (11/5).

Ia menambahkan penurunan pendapatan disebabkan kurangnya tamu yang berkunjung di Konut sejak adanya wabah Covid-19. Apalagi adanya kebijakan pemerintah yang mengharuskan warga bekerja dan berdiam diri di rumah. “Rata-rata pengunjung rumah makan adalah pegawai dan para penambang dari Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah. Makanya, pendapatan pada dua sektor usaha itu ikut menurun,” urai Asni.

Ia berharap agar bencana non alam yang telah mengglobal tersebut, cepat berlalu. Sehingga kehidupan ekonomi masyarakat dapat kembali normal seperti semula dan pendapatan daerah meningkat. (c/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy