PAD Buton Diprediksi Kurang dari 50 Persen – Kendari Pos
Buton

PAD Buton Diprediksi Kurang dari 50 Persen

Taufik Tombuli

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) menetapkan target pajak tahun ini sebesar Rp 26 miliar. Target itu nampaknya mustahil tercapai. Sebab beberapa sumber pendapatan asli daerah (PAD) disebut tak lagi bisa menyumbang seperti biasa. Pemasukan diprediksi anjlok hingga di bawah angka 50 persen dari proyeksi awal.

Kepala Bapenda Kabupaten Buton, Taufik Tombuli, membenarkan hal itu. Menurut dia, semua sumber andalan PAD Buton kini terdampak penyebaran virus corona. Mulai dari pajak hotel dan rumah makan, parkir hingga pajak bumi dan bangunan. “Kalau PAD jelas akan terjun bebas ini. Semua sumbernya dalam masalah. Contoh parkiran di Lippo itu sekarang sepi pengunjung. Hotel-hotel dan mess Buton, pariwisata, ditambah lagi PBB dan BPHTB, masyarakat malah butuh bantuan kita sekarang,” ungkapnya, kemarin.

Lebih lanjut mantan Kadis Kominfo ini menuturkan, target PAD awal itu harus direvisi. Untuk mengubah proyeksi dimaksud harus melalui pertemuan atau rapat dengan semua OPD khususnya penyumbang PAD. “Saya mau laporan dulu ke pimpinan. Ini harus kita cari solusinya. Jelas harus juga kita dengarkan masalah teknis setiap OPD itu. Tapi kira-kira saya sekarang itu bisa turun 50 persen dari target awal. Itu cukup realistis dalam kondisi seperti ini,” tambah taufik Tombuli.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buton, Rusdi Nudi, mengungkapkan hal senada. PAD dari sektor pariwisata dipastikan menurun drastis. “Kegiatan pariwisata berhenti semua sejak adanya anjuran pemerintah soal sosial distancing. Jadi tempat wisata ditutup sementara. Lalu kegiatan DAK pariwisata, pameran dan festival telah direalokasi ke penanganan covid, seperti itulah kondisinya sekarang,” ungkapnya. (b/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy