Operasi Gabungan Wajib Masker di Kolut Dimulai – Kendari Pos
Kolaka Utara

Operasi Gabungan Wajib Masker di Kolut Dimulai


KENDARIPOS.CO.ID — Operasi penertiban masyarakat yang dijumpai berkeliaran di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) tanpa mengenakan masker mulai dijalankan aparat gabungan TNI-Polri dan SatPol-PP sejak Selasa (5/5). Selain itu Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kolut mengambil peran dalam operasi ini dengan menyediakan seribu masker bagi warga yang belum memiliki.

Operasi wajib penggunaan masker yang dilakukan aparat gabungan TNI-Polri dan Satpol PP Pemkab Kolut di Kecamatan Ngapa, kemarin.

Kasatpol PP Kolut, Ramang, mengatakan hari pertama operasi masker di dua tempat yakni di Kecamatan Lasusua dan Ngapa. Pihaknya bersama kepolisian dan TNI telah dibekali bantuan seribu masker dari IDI Kolut untuk dibagikan langsung. “Yang kurang mampu kami temui langsung berikan masker. Selepas ini kami masih temukan, disuruh pulang kembali ambil maskernya agar dipakai kalau memang ingin keluar rumah,” ujarnya.

Waktu operasi belum dipastikan sesuai perkembangan situasi dan kepatuhan warga. Pihaknya juga melayangkan ancaman pada para pemilik usaha yang tidak mengindahkan instruksi bupati. Hal itu telah dilakukan di salah satu perusahaan di Lasusua karena telah membiarkan berkumpulnya warga lebih dari sepuluh orang. “Kami terpaksa bubarkan dan menegur manajemen hingga securitynya karena tidak mengindahkan instruksi pemerintah. Siapapun dan dimana pun berkumpul kami akan bubarkan,” ancam Ramang.

Ketua IDI Kolut, dr. Syarif Nur yang dikonfirmasi menjelaskan, pihaknya menyiapkan seribu masker kain untuk warga yang bisa digunakan berulang dan dicuci. “Tinggal digugah kesadarannya yang diikuti edukasi. Kami sangat peduli dan bahkan banyak diantara kami (dokter dan perawat) yang jadi korban,” ucapnya. (b/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy