New Normal, BI Dorong Pemanfaatan Pangan Lokal – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

New Normal, BI Dorong Pemanfaatan Pangan Lokal

Tampak petugas Dinas Hortikultura melakukan penyemprotan di Kecamatan Dangia, Kolaka Timur, beberapa waktu lalu. Menghadapi skenario new normal, BI mendorong optimalisasi pemanfaatan pangan lokal.

KENDARIPOS.CO.ID — Indonesia kini menghadapi era normal baru (new normal) sebagai langkah beradaptasi dengan pandemi Covid-19. Berbagai pihak pun telah mempersiapkan sederet skenario untuk menghadapi fase yang disebut sebagai langkah pemulihan ekonomi dan industri tersebut.

Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tenggara (Sultra), Suharman Thabrani mengatakan bahwa BI akan menjalankan tugas dan fungsinya semaksimal mungkin selama era normal baru.

“Mengenai skenario new normal, BI sampai saat ini belum ada konsep formal. Namun, BI akan senantiasa menjaga perekonomian Indonesia dari sisi moneter, tetap konsisten menjaga inflasi dan kestabilan nilai rupiah dari sisi nilai tukar,” ujar Suharman, kemarin.

Dari sisi sistem pembayaran, lanjut Suharman, BI akan memastikan kecukupan uang kartal bagi masyarakat serta mendorong penggunaan transaksi nontunai. Adapaun dari sisi kebijakan makroprudensial, Bank Indonesia akan menjaga stabilitas sistem keuangan. Hal tersebut menurut Suharman dapat dicapai melalui koordinasi BI dengan Pemerintah serta otoritas terkait seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Hal yang tidak kalah pentingnya, kata Suharman, yakni memastikan tercukupinya kebutuhan pangan lokal. Melalui wadah Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), BI akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk mewujudkan hal tersebut.

“Panen dan produksi pangan di Sultra cukup melimpah. Pemerintah daerah juga telah mengimbau agar hasil produksi didahulukan untuk Sultra dulu. Kami berharap tidak ada ketergantungan dari luar untuk pemenuhan kebutuhan pangan lokal. Impor seperti yang dilakukan selama ini sebaiknya dikurangi,” pungkasnya. (b/uli)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy