Naik Status, Kapolda Sultra Target Bentuk Lima Polres – Kendari Pos
Nasional

Naik Status, Kapolda Sultra Target Bentuk Lima Polres


KENDARIPOS.CO.ID — Polda Sultra disahkan sejak 16 September 1996 dengan Skep Kapolri Nomor POL. : SKEP/06/1996 dengan tipologi Polda Tipe B2 sejak 28 Juni 2006. Lalu, meningkat menjadi Polda Tipe B1 dengan keputusan Kapolri Nomor POL. : KEP/17/IV/2006. Berselang 14 tahun, tepatnya tahun 2020, Polda Sultra naik kelas menjadi tipe A.

Pucuk komando markas Polda Sultra kini diemban jenderal bintang dua. Adalah Inspektur Jenderal (Irjen) Pol Merdisyam, yang sebelumnya berpangkat jenderal bintang sata, Brigadir Jenderal (Brigjen) Pol. Tandemnya, Wakapolda ikut naik pangkat yakni Brigjen Pol Yan Sultra Indrajaya. Sebelumnya, mantan Kapolres Bombana itu berpangkat komisaris besar (Kombes). Tugas berat kini menanti duet Kapolda dan Wakapolda.

Kapolda Sultra, Irjen Pol Merdisyam punya target untuk mencukupkan jumlah Polres di Sultra. Dari 17 kabupaten dan kota di Sultra, sekira 12 daerah yang memiliki Polres. Lima wilayah lainnya belum memiliki Polres dan masih bernaung di polres terdekat. Yakni Kabupaten Muna Barat, Buton Tengah, Buton Selatan, Kolaka Timur dan Kabupaten Konawe Kepulauan. “Tahun ini kita sudah resmikan dua Polres yakni Polres Kabupaten Buton Utara dan Konawe Utara. Dan pasti akan memenuhi seluruh kabupaten dan kota di Sultra,”ujar Irjen Pol Merdisyam.

Jenderal bintang dua yang karib disapa Irjen Merdy mengaku akan bergerak cepat untuk melakukan pemenuhan dan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) sesuai dengan kenaikan status Polda Sultra. “Struktur Polda itu mengikuti dari pemerintah setempat. Untuk itu, jika Kapoldanya naik status, maka jajaran di bawahnya juga akan mengalami perubahan, meski tidak semua. Misalnya, Kabid Humas dan Kabiddokes,” ungkapnya.

Irjen Merdy mengungkapkan naiknya status Polda Sultra menjadi tipe A membuktikan Sultra telah mendapatkan kepercayaan dari pemerintah pusat. “Saya sangat bangga dengan seluruh masyarakat Sultra. Tanpa dorongan dalam meyakinkan pemerintah pusat, naik status ini tidak terjadi. Kenaikan status itu, tidak lepas dari usaha masyarakat Sultra juga,” pujinya saat ditemui di Rumah Jabatan Gubernur Sultra, kemarin.

Diakuinya rencana penaikan status tipe Polda Sultra yang diusul sejak tahun 2018 sempat terganjal dengan berbagai hal. “Namun semua akhirnya bisa dilewati. Semua itu atas komunikasi dan koordinasi seluruh tokoh masyarakat Sultra. Bersatu, bahu-membahu, dan hasilnya adalah kini Polda Sultra sudah berstatus A,” jelasnya.

Dilantik tepat pada hari kebangkitan nasional, 20 Mei 2020, Irjen Merdy mengungkapkan bahwa ini merupakan bentuk optimisme kepolisian dalam bekerja melayani masyarakat Sultra. “Kita sudah dipercaya. Kini waktunya untuk kita bekerja membuktikan kepercayaan yang sudah diberikan,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Gubernur Sultra Ali Mazi pun mengapresiasi keberhasilan Irjen Merdy membawa Polda Sultra menjadi tipe A. Ali Mazi juga memberi ucapan selamat kepada Kapolda Sultra atas kenaikan pangkat menjadi Irjen Pol yang sebelumnya berpangkat Brigjen Pol. “Selamat atas kenaikan pangkat Kapolda dan status Polda kita. Semoga dengan kenaikan status tersebut, bisa membuat kinerja kepolisian dalam melayani rakyat bisa terlaksana dengan baik. Termasuk dalam menciptakan kondisi keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Provinsi Sultra,” ujar Ali Mazi.

Untuk diketahui, perubahan tipe Polda Sultra ini mempertimbangkan sembilan dimensi dari 48 indikator yang merupakan syarat utama dalam perubahan tipe sesuai dengan peraturan Kepolisian Nomor 4 Tahun 2018. Sembilan dimensi itu yakni kondisi geografis, demografi, sumber daya alam, aspek ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, harkamtibmas dan kemampuan kesatuan.

Lima kabupaten yang belum memiliki Polres yakni Kabupaten Muna Barat, Buton Tengah, Buton Selatan, Kolaka Timur dan Kabupaten Konawe Kepulauan. Kabupaten Konawe Kepulauan menjadi wilayah hukum (Wilkum) Polresta Kendari, Kabupaten Kolaka Timur masuk di wilayah hukum Polres Kolaka, Kabupaten Buton Tengah dan sebagian Kabupaten Buton Selatan masuk di Wilkum Polres Baubau, Kabupaten Buton Selatan masuk di wilkum Polres Buton. Sedangkan Kabupaten Muna Barat masuk di wilkum Polres Muna. (yog/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy