Momen Introspeksi Diri, Oleh: Nur Rahman Umar – Kendari Pos
Buton Utara

Momen Introspeksi Diri, Oleh: Nur Rahman Umar

Nur Rahman Umar


KENDARIPOS.CO.ID — Umat muslim saat ini menjalani ibadah puasa di tengah penyebaran wabah virus corona atau Covid-19. Ibadah salat tarawih berjamaah dan buka puasa bersama ditiadakan sebagai upaya social distancing demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Semua orang ingin memperbanyak amalan ibadahnya dengan berjamaah dan memakmurkan masjid. Meski begitu, mendahulukan kemaslahatan umat menjadi yang utama karena pada prinsipnya pelaksanaan ibadah tidak terhalang meskipun dijalankan di rumah masing-masing. Mewabahnya covid-19 saat ini tentu tidak menghalangi untuk memperbanyak amalan ibadah. Kita juga harus saling menjaga satu dengan yang lain agar tidak terpapar virus dan menularkan kepada jamaah lain termasuk keluarga di rumah. Hal ini harus dipikirkan secara bijaksana bahwa kemaslahatan ummat yang harus didahulukan.

Di sisi lain, dengan tetap berada di rumah selain lebih mendekatkan diri dalam keluarga juga banyak waktu luang memperdalam pemahaman keagamaan. Tentu ada banyak literatur dan referensi yang bisa diakses baik dari buku hingga secara online. Ketimbang hari-hari biasanya, kita justru disibukkan dengan banyak beraktivitas di luar. Beribadah di rumah kita lebih leluasa.

Berpuasa di tengah musibah pandemi ini memberi kesempatan kepada kita untuk mengintrospeksi diri koreksi akan perilaku kita sebelum-sebelumnya. Misalnya budaya disiplin, menjaga kebersihan dan tahu jarak ukur yang baik dalam berkomunikasi. Di moment ini mendorong kita semua bersosialisasi tanpa kita sadari mengingatkan dari satu orang ke yang lain utamanya dalam lingkup keluarga masing-masing.

Termasuk mengintrospeksi diri akan keimanaan dan ketakwaan kita. Kalau masih kurang, maka harus lebih ditingkatkan. Perbuatan yang kurang bermanfaat dan tidak bernilai ibadah di masa-masa lalu, sebaiknya ditinggalkan. Ujian, cobaan dan musibah itu selalu ada hikmah dibaliknya. Mari kita semua merenungi diri kita dan mengambil jalan hikmah itu untuk menjadi manusia yang lebih baik. (rus/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy