Merger 12 BPR Bahteramas Tetap Berlanjut – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Merger 12 BPR Bahteramas Tetap Berlanjut

Mohammad Fredly Nasution

KENDARIPOS.CO.ID — Peleburan (merger) 12 Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Bahteramas tetap akan berlanjut meski sempat tertunda akibat pandemi virus corona (Covid-19).

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Tenggara (Sultra), Mohammad Fredly Nasution mengatakan bahwa peleburan 12 BPR tetap akan dilakukan guna memperkuat permodalan serta ketahanan industri perbankan.

“Konsolidasi BPR tetap akan berlanjut. Hanya saja prosesnya tertunda dulu karena saat ini semua fokus terhadap penanggulangan corona,” ujar Fredly kemarin.

Lanjut dia, sebelum adanya pandemi Covid-19, proses merger 12 BPR Bahteramas sudah sampai pada tahap selesainya evaluasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) atas penetapan Peraturan Daerah (Perda) konsolidasi oleh DPRD Sultra, dan saat ini kembali dilakukan evaluasi oleh DPRD.

Kata Fredly, untuk modal awal dua BPR nantinya yaitu PT Bahteramas Sultra dan PT Bahteramas Kepulauan Buton sudah siap. Bahtermas Sultra dengan modal inti sekitar Rp 65 miliar, masuk dalam kategori kelompok usaha (KU) 3 sedangkan Bahteramas Kepulauan Buton dengan modal inti sebesar Rp 35 miliar masuk dalam kategori KU 2. Keduanya memiliki perbedaan di mana kategori KU 3 lebih unggul dibandingkan kategori KU 2.

“Bahteramas Sultra yang berkategori KU 3 berpeluang membuka cabang di provinsi tetangga, misalnya Sulawesi Tengah atau Sulawesi Selatan. Hal ini nantinya dapat meningkatkan eksistensi BPR Bahteramas Sultra ke depan,” imbuhnya.

Dijelaskan, setelah proses merger, BPS Bahteramas akan memiliki modal yang besar. Dengan modal tersebut, jaringan usaha BPR akan semakin luas karena dapat membuka cabang di luar Sultra. Rencana peleburan BPR Bahteramas tersebut telah diatur dalam POJK Nomor 21 Tahun 2019 tentang Penggabungan, Peleburan, dan Pengambilalihan Bank Perkreditan Rakyat dan Bank Perkreditan Rakyat Syariah.

“Konsolidasi ini akan menjadikan BPR semakin kuat dalam sisi permodalan dan kinerja keuangan bank semakin sehat. Dengan demikian BPR dapat menjalankan fungsi intermediasinya dengan baik kepada masyarakat. Merger ini juga akan mempermudah pengawasan oleh OJK karena kantor pusat nanti tinggal dua daratan. Selama ini cukup sulit dan membutuhkan waktu yang cukup lama karena tersebar di 12 kabupaten/kota,” tutupnya.

BPR Bahteramas Sultra terdiri dari PD BPR Bahteramas Kendari, PD BPR Baubau, PD BPR Kolaka, PD BPR Konawe, PD BPR Konawe Selatan, PD BPR Bombana, PD BPR Wakatobi, PT BPR Ganda Lata, PT BPR Keraton, PT BPR Haralata Kolaka, PT BPR Mustika Utama Kendari, dan PT BPR Mustika Utama Kolaka. (b/uli)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy