Menuju Kota Modern, Jembatan Teluk Kendari Dipoles Jadi Spot Wisata – Kendari Pos
Metro Kendari

Menuju Kota Modern, Jembatan Teluk Kendari Dipoles Jadi Spot Wisata

KENDARIPOS.CO.ID — Di usianya yang ke-189, Kendari kini mulai bertransformasi menuju kota modern. Keterbatasan sarana infrastruktur terus dibenahi Pemkot Kendari. Wajah kota pun ditata lebih cantik dengan tetap mengedepankan dampak ekologi. Bukan hanya penataan wajah kota, Pemkot tetap fokus membangun sektor ekonomi, sosial dan budaya.

Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir mengungkapkan Kota Kendari telah mengalami kemajuan di berbagai sektor pembangunan. Capaian ini tak lepas dukungan segenap warga Kota Kendari yang telah memberikan kontribusi konstruktif sehingga berbagai program, kegiatan fisik maupun sosial dapat berjalan sesuai arah kebijakan pembangunan.

Menurutnya, ada sembilan point yang berhasil dicapai. Pertama, stabilitas daerah sebagai dimensi fundamental kontiunitas pembangunan kota terus terpelihara. Kedua, perekonomian masyarakat bergerak menuruti ritme aktivitas produktif masyarakat dan kebijakan penataan ruang kota.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (tengah, baju dinas coklat) saat mengunjungi jembatan Teluk Kendari.

Capaian ketiga kata dia, Indeks Penbangunan Manusia (IPM) tahun 2019 mencapai 82,85 poin. Peningkatan ini dipengaruhi angka harapan hidup, melek huruf, pendidikan dan taraf hidup. Selanjutnya, angka harapan hidup mengalami peningkatan dari 73,26 tahun 2018, kini 73,52 tahun 2019. Kelima, pertumbuhan ekonomi tahun 2019 mencapai 6,66 persen meningkat dari 6,26 tahun 2018.

“Keenam, tingkat kemiskinan menurun dari 4,69 persen tahun 2018 menjadi 4,44 persen 2019. Poin ketujuh yakni tingkat inflasi berapa pada kisaran 3,22 persen. Lalu kedelapan, kualitas layanan publik secara efektif dan efisien melalui aplikasi LAIKA. Poin terakhir, penataan infrastruktur dasar terus dioptimalkan. Luas genangan air dapat dikurangi dari 2.200 hektar di 2018 menjadi 1.725 hektar pada 2019. Kawasan kumuh dikurangi secara pwriodik dari 385,12 hektar 2018 menjadi 275,2 hektar di 2019,” jelasnya.

Pada HUT ke-189 tahun ini, Pemkot tak menggelar kegiatan expo selama seminggu. Langkah ini dirasa sangat tepat, mengingat Pemerintah saat ini tengah berjibaku memutus mata rantai penyebaran Covid-19 atau virus Corona. Kebijakan meniadakan perayaan HUT Kota Kendari tahun ini diambil dengan menimbang Keputusan Kepala BNPB nomor 13A tahun 2020 tentang perpajangan status keadaan tertentu darurat bencana wabah penyakit akibat virus corona di Indonesia.

“Perayaan HUT Kota Kendari yang ke 189 tahun ini tidak ada kegiatan. Baik itu pameran ataupun expo, yang selalu turut memeriahkan rangkain HUT Kota setiap tahun,” ungkap Sulkarnain, kemarin. (b/ags)

Poles Jembatan Teluk Kendari Jadi Spot Wisata

Progres pembangunan Jembatan Teluk Kendari sudah mencapai 91 persen. Proyek senilai hampir Rp 1 triliun ini bakal menambah ikon Kota Kendari termasuk Sultra. Untuk lebih mempercantik wajah kota, Pemkot Kendari memiliki keinginan menata dan mengembangkan kawasan jembatan Teluk Kendari.

“Alhamdulillah, proses pembagunan jembatan teluk yang sudah lama di idam-idamkan masyarakat Sultra khususnya Kendari. Insya Allah dalam waktu dekat akan dioperasikan dan menjadi kebangaan kita semua. Pada prinsipnya, kami siap jika ditunjuk pemerintah provinsi untuk melakukan pengembangan kawasan jembatan,” kata Sulkarnain.

Politisi PKS ini mengaku sudah menyiapkan berbagai ide untuk memoles kawasan jembatan menjadi destinasi baru yakni dengan menginstruksikan Dinas PUPR, Dinas Pariwisata dan Dinas Perhubungan untuk membuat desain pengelolaan jembagan yang kemusdian akan diajukan ke Pemprov.

“Kalau Dinas PUPR dan Dinas Pariwisata saya inginkan dia bisa buat desain agar masyarakat bisa menikamati view teluk dengan sempurna, mungkin dengan membuat spot view (foto) dibeberapa titik jembatan, mungkin juga ada taman disisi jembatan atau sisi bawah jembatan, dan masih banyak lagi,” kata Sulkarnain. (c/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy