Mengawal Komitmen, Duet Sul-Siska Mengabdi untuk Kota Kendari – Kendari Pos
Metro Kendari

Mengawal Komitmen, Duet Sul-Siska Mengabdi untuk Kota Kendari

Wakil Wali Kota Kendari, dr.Siska Karina Imran (kanan) berkomitmen akan bersinergi dengan Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (kiri) dalam membangun dan menata wajah Kota Kendari. Duet Sul-Siska berpose usai pelantikan dr.Siska sebagai Wakil Wali Kota Kendari di rujab gubernur. Foto: Abdi/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Komitmen dr.Siska Karina Imran tak pernah memudar. Tetap sama ketika terpilih sebagai Wakil Wali (Wawali) Kota Kendari di DPRD Kota Kendari, Maret lalu. Usai dilantik Gubernur Sultra, Ali Mazi, Wakil Wali Kota Kendari, dr.Siska kembali menabalkan komitmennya yang akan mendampingi dan membantu Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir dalam membangun daerah. dr.Siska tetap kukuh pada janji akan bersama Sulkarnain mewujudkan visi misi menuju kota layak huni berbasis ekologi, teknologi dan informasi.

dr. Siska siap melaksanakan peran dan tugasnya sebagai seorang wakil. Usai pelantikan, dr.Siska enggan berpangku tangan dan dia segera bekerja. Langkah awal yang dilakukan segera berkoordinasi dengan Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir. “Saya akan koordinasi dulu kepada wali kota, yang utama sekarang ini kan soal Covid-19,” kata dr.Siska usai dilantik di rumah jabatan gubernur, Rabu (6/5).

Sebagai bentuk pengabdiannya untuk kota dan masyarakat Kendari yang dilanda pandemi covid-19, dr.Siska segera bergabung dalam Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Kota Kendari. Beberapa strategi (langkah) tengah disiapkannya. Pertama, mendorong peran Pemerintah Kecamatan hingga tingkat RT dan RW dalam upaya penanganan Covid-19. “Perluasan cakupan upaya penanganan dan pencegahan penyebaran covid-19 harus dilakukan mulai tingkat bawah. Apa yang sudah dilakukan wali kota dengan membentuk gugus tugas tingkat RT/RW sudah baik, Insyah Allah saya siap mengawalnya,” ujar dr. Siska.

Kedua, terkait dengan jaring pengaman sosial (JPS) bagi warga terdampak Covid-19. dr.Siska mengaku langkah Sulkarnain yang turun langsung kelapangan memberikan bantuan sembako sangat baik supaya tepat sasaran. Ia pun bersedia melakukan hal yang sama demi penyaluran sembako yang lebih merata. “Bantuan sembako sangat dibutuhkan masyarakat kita saat ini. Saya akan bantu pak Wali untuk melakukan pendistribusian sekaligus melakukan pengawasan pada proses pendataan warga terdampak agar bantuan benar-benar tepat sasaran,” kata perempuan pertama yang menjadi Wakil Wali Kota Kendari itu.

Yang tak kalah penting kata dr.Siska, yakni perhatian terhadap para tenaga medis. Misalnya saja membantu penyediaan alat pelindung diri (APD) dan alat kesehatan (Alkes) yang bertujuan untuk mempercepat penanganan terhadap pasien yang terinfeksi Covid-19. “Mereka (tenaga medis) adalah salah satu garda terdepan dalam upaya penanganan Covid-19. Mereka juga harus mendapat perhatian lebih. Saya siap kawal mereka. Intinya saya siap melayani masyarakat dengan segenap kemampuan yang saya miliki. Selain itu yang penting juga, saya bersama wali kota berjuang sekuat tenaga dalam upaya penanganan dan pencegahan covid-19 di Kendari,” imbuh dr.Siska.

Terpisah, Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir meminta wakilnya yang baru dilantik, dr. Siska Karina Imran untuk cepat beradaptasi mengingat pekerjaan di Pemkot Kendari begitu banyak. Dengan adanya Wakil Wali Kota Kendari, maka pucuk pimpinan dipemerintahan kembali lengkap dan dapat lagi bekerja lebih maksimal. “Dengan adanya Ibu Siska sekarang bisa kita delegasikan sebagian agar lebih mudah. Saya minta beliau (dr.Siska) untuk beradaptasi, segera,” tuturnya.

Sementara itu, Gubernur Sultra, Ali Mazi meminta Wali Kota Kendari, Sulkarnain dan Wawali Kota Kendari, dr.Siska untuk terus bersinergi. Sebab, salah satu faktor penentu keberhasilan dan efektifitas pemerintahan daerah adalah hubungan baik antar kepala daerah dan wakilnya dengan cara membangun kerja sama dan komunikasi yang baik. “Wawali kota harus bergerak cepat mengimbangi kinerja pembangunan yang sudah berjalan. Selain itu wali kota dan wakilnya harus solid dan saling bahu membahu secara harmonis, bersinergi, saling mengisi dan melengkapi dalam membangun daerah,” ucapnya.

Suami Agista Ariany itu menambahkan, salah satu tugas utama wakil kepala daerah adalah membantu kepala daerah, memberikan saran dan pertimbangan. Serta melaksanakan tugas-tugas lainya yang diberikan kepala daerah dalam pelaksanaan penyelenggaraan pemerintah di daerah sesuai prosedur dan mekanisme yang berlaku.

“Asa masyarakat begitu besar di pundak kalian berdua. Tentunya bersama seluruh jajaran birokrasi, legislatif dan para stakeholder lainya. Komitmen, integritas dan dedikasi yang tinggi disertai keselarasan langkah bersama untuk membangun daerah demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat daerah yang dipimpin sebagai kata kunci, ” kata Ali Mazi

Olehnya itu mari terus berkarya, bekerja siang dan malam untuk memastikan setiap masyarakat di seluruh pelosok di daerah kita bisa merasakan kehadiran pelayanan pemda dalam kehidupan sehari-hari. “Serta adanya langkah konkrit. Hal ini terlebih pada saat kita berada pada situasi dan kondisi tanggap darurat Covid-19. Dimana penyebab pandemi ini, tidak hanya berdampak pada masalah kesehatan, tetapi juga kemanusiaan, yang berimbas pada aspek sosial ekonomi, ” cetus Ali Mazi.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy