Mengasah Rasa Kemanusiaan,Oleh: Manafu – Kendari Pos
Buton

Mengasah Rasa Kemanusiaan,Oleh: Manafu


Kepala BPBD Buton, Manafu

KENDARIPOS.CO.ID — Puasa pada bulan Ramadan adalah kewajiban setiap umat Rasululah. Siapa yang sudah baliqh lalu mengingkari, maka dosa baginya. Selain sebagai kewajiban muslim, puasa mengandung banyak hikmah. Salah satunya bisa membuat kita semakin peka dengan keadaan sekitar.

Di lingkungan kita, bukan tidak mungkin jika banyak orang-orang yang kurang mampu atau miskin. Ketika berpuasa, orang akan merasa kelaparan dan kehausan. Dengan ini, seseorang akan merasakan apa yang selama ini dirasakan oleh fakir miskin.

Saat berpuasa, maka kita merasakan penderitaan orang yang kurang beruntung yang tidak bisa memenuhi kebutuhannya walau hanya untuk sekadar makan dan minum. Itu membuat kita dapat semakin berempati dan bersimpati kepada mereka yang kurang beruntung. Sehingga menggugah hati kita untuk berbagi.

Terlebih di musim pandemi ini. Banyak orang yang tadinya mampu menjadi tidak mampu lagi karena tak bisa bekerja normal seperti dulu. Makanya ini saat paling tepat untuk kita saling berbagai. Walau sedikit yang penting niatnya membantu. (c/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy