Manfaat Kurma Bagi Ibu Hamil – Kendari Pos
Kesehatan

Manfaat Kurma Bagi Ibu Hamil

KENDARIPOS.CO.ID — Konsumsi kurma dikatakan sangat bermanfaat bagi ibu hamil dan calon bayi. Sehingga selama Ramadan saat ini, bumil boleh ikut anggota keluarga lainnya mengkonsumsi kurma. Gula pada kurma memberikan energi tanpa menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang signifikan dalam tubuh. Mengkonsumsinya dalam jumlah sedang adalah kunci, jangan berlebihan.

Mengonsumsi kurma selama kehamilan bisa memberi nutrisi yang baik. Studi menunjukkan, makan kurma selama beberapa minggu terakhir kehamilan dapat memiliki efek positif saat proses melahirkan. seperti dalam penelitian ‘Effect of Dates in Late Pregnancy on the Duration’ sebagaimana dilansir dari Jawa Pos Kesehatan.

Kandungan gula yang tinggi pada kurma dapat memberikan energi selama persalinan. Bukti telah menunjukkan bahwa mengonsumsi buah kurma dapat membantu dalam pematangan serviks, yang dapat mengurangi durasi persalinan. Sehingga mengurangi kebutuhan oksitosin dan prostaglandin untuk menginduksi persalinan. Kurma juga dapat meringankan persalinan serta mengurangi kejadian perdarahan postpartum. Per seratus gram kurma menyediakan 277 Kkal energi dan mengandung protein 1,8 g dan serat 6,7g.

Ahli Nutrisi, Natalie Butler, RD., LD mengungkapkan, kurma menawarkan banyak manfaat gizi selama kehamilan. Kurma sendiri adalah buah dari pohon kurma, yang merupakan jenis tanaman berbunga. Kurma adalah salah satu jenis buah yang paling manis. Akan tetapi jangan khawatir, manisnya kurma merupakan dari jenis gula alami.

“Kurma merupakan sumber fruktosa alami yang baik. Kurma dapat memberi Anda energi untuk melawan kelelahan kehamilan,” ujar Butler. Manfaat nutrisi kurma tidak berhenti di situ saja. Kurma juga mengandung serat untuk menjaga sistem pencernaan Bunda berjalan dengan lancar. Alhasil, ini mencegah Bunda tidak mengalami sembelit selama kehamilan.

Kurma juga merupakan sumber folat, yang membantu mengurangi kemungkinan cacat lahir. Kurma juga menyediakan zat besi dan vitamin K. “Mendapatkan lebih banyak zat besi dalam diet Anda dapat meningkatkan tingkat energi Anda dan melawan anemia defisiensi besi. Selain itu, vitamin K membantu bayi yang sedang tumbuh mengembangkan tulang yang kuat, dan itu dapat meningkatkan fungsi otot dan saraf Anda,” imbuhnya.

Kurma juga merupakan sumber kalium yang kaya, mineral elektrolit yang membantu menjaga pembuluh darah tetap rileks dan menurunkan tekanan darah pada ibu hamil. (wan/jpg)

Manfaat Kurma Bagi Ibu Hamil dan Janin:

  1. Memberikan Energi
    -Selama kehamilan, membutuhkan lebih banyak energi dari biasanya. Mengonsumsi beberapa kurma setiap hari akan memasok gula yang dibutuhkan. Bersama dengan nutrisi lainnya seperti disebutkan dalam penelitian Oregon State University.
  2. Mengatasi Sembelit
    -Kurma adalah sumber serat yang kaya. Kurma menjaga sistem pencernaan tetap sehat dan membantu meringankan sembelit yang berhubungan dengan kehamilan.
  3. Menghasilkan Asam Amino
    -Kurma dapat menyediakan sejumlah protein untuk diet, yang diperlukan untuk membangun asam amino yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tubuh.
  4. Mencegah Cacat Bayi Lahir
    -Kurma adalah sumber folat yang baik. Folat mencegah cacat bawaan yang terkait dengan otak dan sumsum tulang belakang. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan suplemen folat dan asupan makanan kaya folat sebelum dan selama kehamilan, untuk mencegah cacat bawaan.
  5. Kaya Vitamin K
    -Jika ibu mengonsumsi kurma selama dan setelah kehamilan, bayi akan mendapatkan vitamin K melalui ASI.
  6. Mengandung Zat Besi
    -Kurma mengandung sejumlah zat besi dan dapat membantu dalam pencegahan anemia selama kehamilan. Zat besi mempertahankan hemoglobin dalam tubuh dan memperkuat kekebalan bayi.
  7. Baik Untuk Darah
    -Kurma mengandung kalium, yang menjaga keseimbangan air-garam, mengatur tekanan darah, dan menghindari kram otot. Kekurangan mineral ini dapat meningkatkan risiko tekanan darah, penyakit kardiovaskular, dan stroke.
  8. Sehatkan Tulang dan Gigi pada Bayi
    -Magnesium adalah mineral penting dalam kurma yang membantu dalam pembentukan gigi dan tulang pada bayi. Lalu juga mengatur kadar gula darah dan tekanan darah Anda. Kurma defisiensi magnesium pada kehamilan.

Kapan Waktu yang Tepat Makan Kurma?
Kurma dapat dimakan pada setiap tahap kehamilan. Jumlahnya tetap jangan terlalu berlebihan.

  1. Pada Trimester Pertama
    -Ada baiknya memakannya dalam jumlah sedang di awal kehamilan. Sebab jika berlebihan bisa berdampak pada gula darah.
  2. Pada Trimester Kedua
    -Konsultasikan dulu dengan dokter saat berencana makan kurma setiap hari.
  3. Pada Trimester Ketiga
    -Makan kurma dapat membuat persalinan lebih mudah. Ibu hamil dapat mulai makan kurma beberapa hari mulai dari minggu kehamilan ke-36, yaitu empat minggu sebelum perkiraan tanggal kelahiran.

Manfaat Lain Kurma bagi Ibu Hamil:
*Ketuban tidak mudah pecah
-Pada penelitian, kelompok ibu hamil yang rutin mengonsumsi buah kurma pada minggu-minggu terakhir sebelum persalinan, lebih jarang mengalami selaput ketuban pecah sebelum persalinan.

*Angka persalinan normal lebih tinggi
-Pada penelitian tersebut, 96 persen dari kelompok ibu hamil yang mengonsumsi kurma, menjalani persalinan normal. Sedangkan pada ibu hamil yang tidak mengonsumsi buah kurma secara teratur, hanya 79 persen yang menjalani kelahiran normal.

*Kebutuhan oksitosin lebih rendah
-Oksitosin adalah hormon yang berfungsi untuk merangsang kontraksi rahim untuk mempermudah proses persalinan. Pada persalinan yang lama, misalnya karena fase laten yang berlangsung panjang, suntikan oksitosin diperlukan untuk menginduksi kontraksi rahim.Pada penelitian yang disebutkan di atas, kelompok ibu hamil yang rutin mengonsumsi buah kurma di akhir masa kehamilan membutuhkan penggunaan oksitosin yang lebih rendah daripada kelompok yang tidak rutin mengonsumsi kurma.

Efek Samping
-Kurma tidak memiliki efek samping saat dikonsumsi dalam jumlah sedang. Namun, jika makan berlebihan, dapat menyebabkan berat kehamilan berlebihan, peningkatan gula darah, risiko terkena diabetes gestasional, dan kerusakan gigi.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy