Maksimalkan Layanan, DPM-PTSP Bombana Terapkan Tiga Aplikasi Berbasis Teknologi – Kendari Pos
Bombana

Maksimalkan Layanan, DPM-PTSP Bombana Terapkan Tiga Aplikasi Berbasis Teknologi

Pajawa Tarika


KENDARIPOS.CO.ID — Inovasi tanpa batas, meski di tengah situasi pandemi Covid-19 terus dilakukan pihak Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Bombana. Tahun 2020 ini, tiga aplikasi berbasis teknologi diterapkan untuk memudahkan pelayanan pada publik. Mulai dari E-SIP, SMS GateWay dan E-SKM.

Kepala DPM-PTSP Bombana, Pajawa Tarika, menjelaskan, penerapan ketiga aplikasi tersebut merupakan instruksi Bupati Bombana, H. Tafdil yang menegaskan agar setiap OPD dapat berinovasi memaksimalkan pelayanan pada masyarakat.
“Inovasi ini kami lakukan untuk memutus mata rantai birokrasi yang membuat masyarakat merasa kesulitan saat akan mendapatkan layanan pemerintahan khususnya terkait perizinan di DPM-PTSP,’ jelas Pajawa Tarika, kemarin.

Kandidat Sekretaris Kabupaten Bombana itu memaparkan aplikasi tersebut adalah Sistem Informasi secara Elektronik (E-SIP) yang berbasis online untuk memberikan informasi tetang SOP, SPP dan persyaratan pengurusan perizinan. “Termasuk penjelasan soal jangka waktu, biaya dan pengambilan formulir. Jadi pemohon tidak perlu lagi datang di kantor DPM-PTSP Bombana. Cukup mengakses alamat website: http://kominfo.bombanakab.go.id db_perijinan/. Dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini, tentu semakin membantu pengurusan” katanya.

Kedua, aplikasi SMS Gateway yang terintegrasi dengan aplikasi SI-Cantik Cloud. Tujuannya memberikan informasi melalui SMS pada pemohon bahwa dokumen telah selesai ditandatangani dan siap diambil. “Dan aplikasi terakhir adalah survey kepuasan masyarakat secara elektronik (E-SKM) untuk mengetahui hasil indeks kepuasan masyarakat (IKM) secara realtime. Kami harapkan kepada seluruh masyarakat atau pelaku usaha untuk memberikan penilaian, saran serta kritik terhadap kinerja kami,” tandas Pajawa Tarika. (c/kmr)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy