Mahasiswa Apoteker UHO Peduli Covid-19 – Kendari Pos
Edukasi

Mahasiswa Apoteker UHO Peduli Covid-19

Mahasiswa FF UHO saat melakukan pengecekan suhu tubuh pada masyarakat di Kampung Bajo.

KENDARIPOS.CO.ID — Pandemi Virus Corona di Indonesia masih belum mereda. Jumlah kasus positif Covid-19 terus mengalami peningkatan. Menyadari hal tersebut, mahasiswa Pendidikan Profesi Apoteker (PPA) Fakultas Farmasi Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari mengambil peran dengan tidak hanya terpaku pada pemberian edukasi Covid-19 kepada masyarakat saja.

Mahasiswa Apoteker UHO juga turut melakukan berbagai aksi seperti melakukan penemprotan disinfektan, membagikan sembako hingga menciptakan minuman herbal yang terbuat dari jahe, yang kemudian dibagikan kepada masyarakat. Kepala Prodi PPA FF UHO, Sabaruddin. S. Farm., M.Si., APt., mengungkapkan adanya covid-19 ini, menjadi tantangan bagi mahasiswa kesehatan untuk menunjukan kepedulianya kepada masyarakat.

“Sebagai calon tenaga medis yang akan memberikan pelayanan kepada masyarakat. Mahasiswa kami turun langsung memberikan bantuan tanpa peduli sulitnya medan yang harus dilalui,” katanya, Senin (18/5).

Tak tanggung-tanggung, mahasiswa PPA ini bahkan turun langsung ditengah-tengah masyarakat dengan menyasar beberapa kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara (Sultra), baik Kendari, Buton Tengah (Kampung Bajau), dan Kabupaten Muna. “Salah satu kegiatan yang mahasiswa lakukan yakni dengan membagikan 100 bungkus serbuk instan jahe untuk membantu tingkatkan imunitas pegawai kesehatan RSUD Muna, melakukan kegiatan edukasi PHBS, pemeriksaan suhu tubuh dan pembagian sembako kepada masyarakat terdampak Covid 19 di Dusun Kaudani (Kampung Bajo) yang lokasinya terletak di tengah laut,” terangnya.

Menurunya, pada situasi seperti ini sangat dibutuhkan edukasi kesehatan dan ikut ambil bagian dalam setiap kebijakan demi mengurangi penyebaran COVID-19. Semua pihak harus terlibat mulai dari pembuat kebijakan hingga pelaksana kebijakan. Sebagai mahasiswa harus mengambil aksi dengan melakukan prinsip social distancing. Semua yang berperan adalah pahlawan. Dengan menjaga upaya penularan virus semakin rendah. Jadilah agent of change dalam situasi pandemic ini.

“Dalam memutus mata rantai virus ini, seluruh elemen harus mengambil peran. Khususnya bagi mahasiswa, ini merupakan kesempatan untuk menunjukan kepedulian pada sesama. Bahkan bisa langsung menjalani praktek secara langsung,” pungkasnya. (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy