Lurah Inalahi Konawe Anggarkan Pelatihan Mandi Jenazah Bagi Wanita – Kendari Pos
Konawe

Lurah Inalahi Konawe Anggarkan Pelatihan Mandi Jenazah Bagi Wanita

Maladi, S.Si


KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kelurahan Inalahi, Kecamatan Wawotobi, Kabupaten Konawe, memprioritaskan pembangunan jalan rabat beton di tahun 2019. Dari jumlah dana kelurahan sebesar Rp 366 juta, maka Rp 326 juta dialokasikan untuk pembuatan jalan pemukiman itu dengan panjang 650 meter. Hal itu diungkapkan Lurah Inalahi, Maladi, S.Si. Ia juga menyebut, tahun lalu, dua unit mesin pemotong rumput seharga Rp 7,5 juta telah diadakan dengan menggunakan dana kelurahan. Selain itu, pihaknya juga membelanjakan Rp 32 juta untuk pengadaan kendaraan bermotor jenis Viar.

“Tiga item itu yang sudah kita realisasikan di Kelurahan Inalahi pada tahun 2019,” sebut Maladi saat dihubungi, kemarin. Ia menambahkan, untuk tahun 2020, pihaknya menganggarkan kurang lebih Rp 200 juta untuk pengadaan 200 titik lampu penerang jalan se-Inalahi. Selain itu, ada pula pembangunan rabat jalan sepanjang 100 meter dengan biaya Rp 126 juta. Maladi menyebut, kegiatan pelatihan pemberdayaan bagi warganya juga mendapat porsi anggaran dalam dana kelurahan. Dialokasikan dana kelurahan Rp 20 juta untuk pengadaan baju majelis taklim. Maladi pun berencana melatih ibu-ibu di kelurahan Inalahi untuk memahami cara memandikan jenasah perempuan.

“Saya sudah anggarkan Rp 20 juta. Sebab jujur saja melihat situasi di Inalahi, jenasah wanita yang meninggal masih diurus laki-laki. Kita mau wanita juga ada peran di situ,” ungkap Maladi. Lurah Inalahi itu menambahkan, belum lama ini ia berhasil melobi Kementerian PUPR agar wilayahnya diberikan bantuan dari pusat. Alhasil, kata Maladi, tahun ini kelurahan Inalahi bakal menerima bantuan dari Kementrian PUPR sebesar Rp 1 miliar. Hanya saja, ia tak menyebut detail bantuan itu bakal digunakan untuk hal apa saja.

“Satu-satunya kelurahan di Konawe yang dapat bantuan Rp 1 miliar ini hanya kita di Inalahi. Surat Keputusan (SK) dari Menteri PUPR juga sudah ada. Kita sudah bentuk kelompok masyarakat yang mau kerja. Mereka tinggal pelatihan didampingi pihak provinsi. Insya Allah kalau tidak ada halangan, kegiatan kita mulai di Juni nanti,” tutur Maladi. (c/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy