Lima Kali Absen, TPP ASN tak Dibayar – Kendari Pos
Nasional

Lima Kali Absen, TPP ASN tak Dibayar

Wabup Konkep, Andi Muhammad Lutfi (kanan) ketika melakukan sidak dan mengecek absensi ASN usai libur lebaran, kemarin.

KENDARIPOS.CO.ID — Kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) terus dipantau. Bupati Konkep, Ir. H. Amrullah, mengaku akan menindak tegas para abdi negara yang ketahuan malas berkantor di tengah pendemi Covid-19. Penekanan itu dilakukan agar ASN di Pulau Wawonii tidak berkeliaran di wilayah zona merah. Wakil Bupati (Wabup) Konkep, Andi Muhammad Lutfi, mengatakan, kehadiran ASN usai libur lebaran mencapai 95 persen.

“Hanya satu sampai dua orang yang kita temukan dalam satu instansi yang tidak berkantor. Mereka hanya mengirimkan surat keterangan sakit. Namun tetap kita nyatakan absen. Karena ASN yang alasan sakit hari ini (kemarin) hanya akal-akalan saja untuk tidak berkantor,” kata Wabup Konkep, Andi Muhammad Lutfi usai inspeksi mendadak (Sidak), Selasa (26/5). Ia menegaskan, jika dalam satu bulan ada lima kali ASN tak masuk kantor dengan alasan jelas, maka tunjangan penghasilan pegawai (TPP) tidak akan diberikan. “Tidak ada toleransi,” ujarnya.

Di Muna Barat (Mubar), Bupati, LM Rajiun Tumada meminta seluruh ASN tidak menambah libur usai lebaran. “Jika ada yang membandel, sanksi tegas menanti,” ancam Rajiun Tumada seperti dikutip Kabag Humas dan Protokoler Mubar, Ali Abdin, kemarin. Ia juga menyebutkan, Pemkab tidak memberikan izin saat lebaran, karena agenda cuti bersama akan dialihkan pemerintah pada pengujung tahun.

Di Kolaka, Pemkab melakukan Sidak dipimpin langsung Sekretaris Kabupaten (Sekab), H. Poitu Murtopo dengan menyasar sejumlah kantor Sekretariat ataupun SKPD. Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kolaka, Hj. Andi Tenri Gau yang turut melakukan Sidak mengungkapkan, kehadiran ASN pasca libur lebaran sudah cukup baik. Itu ditandai dengan persentase pegawai yang hadir di hari pertama kerja pasca libur.

“Berdasarkan pantauan kami kehadiran ASN mencapai 97 persen. Ini lebih baik dari tahun sebelumnya,” ungkapnya. Menurut Tenri, salah satu penyebab tingginya tingkat kehadiran ASN Pemkab Kolaka pasca libur lebaran kali ini karena adanya imbauan pemerintah untuk tidak mudik. Sebab lebaran kali ini berlangsung ditengah pandemi covid-19. Terkait masih adanya tiga persen ASN lainnya yang masih belum berkantor, kata Tenri pihaknya masih melakukan pengumpulan data. “Untuk sementara informasi yang kami terima ASN yang tidak hadir karena sakit dan itu sebelum libur lebaran. Selain itu ada memang yang tidak hadir karena sejak pandemi Covid-19 hingga saat ini, kami masih terapkan masuk kantor secara bergilir. Saat ini kami juga masih mengumpulkan data kehadiran ASN dari kantor kecamatan,” tuturnya. (b/san/yaf/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy