Lepas Ekspedisi Kemanusiaan, Bupati Konawe Kirim 500 Ton Beras ke Kepulauan Buton – Kendari Pos
Konawe

Lepas Ekspedisi Kemanusiaan, Bupati Konawe Kirim 500 Ton Beras ke Kepulauan Buton

KENDARIPOS.CO.ID — Tim ekspedisi kemanusiaan ala Bupati Konawe Kery S.Konggoasa dilepas, Selasa (19/5). Enam truk berdimensi besar mengangkut bantuan sembako dari Bupati Konawe, Kery S.Konggoasa untuk disalurkan di Kepulauan Buton.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa (pegang mic) saat melepas truk ekspedisi kemanusiaan yang membawa 500 ton beras Konawe menuju Kepulauan Buton, Selasa (19/5) di gudang Bulog Konawe.

Bupati Konawe Kery S.Konggoasa melepas tim ekspedisi kemanusiaan di gudang Badan Urusan Logistik (Bulog) Konawe. Truk tersebut bakal melalui rute panjang dengan tujuan menuju wilayah kepulauan Buton. Kendaraan itu mengangkut sebanyak 500 ton beras Konawe untuk membantu mencukupi kebutuhan pokok masyarakat setempat di tengah pandemi Covid-19.

Kery S.Konggoasa mengatakan, penyaluran beras ke wilayah kepulauan itu dimaksudkan dalam rangka mendukung stok beras Sultra terkait ketahanan pangan menghadapi pandemi. Kery menyebut, beras yang dikirim itu merupakan hasil pengadaan petani Konawe yang disimpan di gudang Bulog di Kelurahan Tuoy, Kecamatan Unaaha. “Mudah-mudahan selamat sampai tujuan. Sehingga beras yang kita kirim ini dapat dinikmati masyarakat di kepulauan Buton,” harap Kery Saiful Konggoasa didampingi Sekretaris Kabupaten (Sekab) Ferdinand Sapan dan Kepala Subdivre Bulog Konawe, Nurhayati Ibrahim, Selasa (19/5).

Kery menambahkan, luas lahan persawahan di Konawe saat ini mencapai 42.500 hektar. Dari jumlah itu, katanya, setengah dari luas lahan persawahan tersebut sudah dipanen oleh para petani. Atas dasar itu, Kery berani menjamin pemkab Konawe siap untuk terus memenuhi kecukupan pangan utamanya beras di jazirah Sultra. “Jadi, lahan yang dipanen untuk bulan April saja sudah setengahnya (28.000 hektar, red). Itupun sudah menghasilkan 87 ribu ton beras. Belum lagi kalau kita panen bulan Mei ini,” papar mantan Ketua DPRD Konawe itu.

Politisi PAN Sultra itu menyebut, setiap hektar lahan sawah di Konawe rata-rata menghasilkan beras sebanyak 5 ton. Seolah belum puas, Kery memotivasi dinas terkait untuk meningkatkan produktivitas petani agar panen nantinya bisa naik hingga 7 ton beras per hektar. Andaikata hasil panen mencapai 7 ton per hektar, lanjut Kery, perputaran uang yang dihasilkan para petani di Konawe bisa mencapai Rp 720 miliar. “Sepintas, saya lihat ada uang sekitar Rp 700 miliar yang berputar di masyarakat petani saat panen April lalu. Belum dibulan Mei ini. Bisa menambah pendapatan asli daerah (PAD) untuk kabupaten Konawe,” ucap Kery Saiful Konggoasa.

Dengan pencapaian yang ada saat ini, Kery tak lupa mengapresiasi petani Konawe yang gigih dalam bekerja. Ia meminta petani di otoritanya harus terus meningkatkan produktivitas serta menghasilkan gabah maupun beras yang berkualitas. “Sehingga predikat lumbung beras bisa terus kita pertahankan. Insyaallah setelah di kepulauan Buton, kita akan kembali menyalurkan beras untuk warga di kabupaten Muna,” tandasnya. (adi/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy