Lawan Covid-19, Kesbangpol Sultra Rangkul Parpol dan Tokoh Agama – Kendari Pos
Metro Kendari

Lawan Covid-19, Kesbangpol Sultra Rangkul Parpol dan Tokoh Agama

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kesbangpol Sultra, Parinringi

KENDARIPOS.CO.ID — Pandemi virus korona (Covid-19) belum berakhir. Di Sulawesi Tenggara (Sultra), pemerintah dan berbagai elemen masyarakat terus bahu membahu menangani wabah Covid-19. Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sultra juga turut aktif melakukan berbagai upaya demi percepatan penanganan Covid-19.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kesbangpol Sultra, Parinringi mengatakan, dalam waktu dekat Kesbangpol akan membagikan masker dan vitamin kepada tokoh lintas agama serta seluruh ormas yang terdaftar di Kesbangpol Sultra. Di samping itu akan melakukan koordinasi dan kerja sama dengan partai politik dalam menangani dan memutus Covid-19. “Kesbangpol juga mempunyai tugas melakukan pemantauan, pengamanan, dan pendistribusian logistik. Hari ini (kemarin), gugus tugas mendistibusikan logistik di tujuh kabupaten/kota. Kesbangpol dalam hal ini bertugas melakukan pengamanan dan pemantauan bersama TNI dan Polri,” ujarnya kepada Kendari Pos, Senin (11/5) kemarin.

Kesbangpol juga akan melibatkan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Sultra. “Kita lakukan edukasi kepada masyarakat melalui tokoh-tokoh lintas agama agar sama-sama menaati imbauan dari pemerintah yang bertujuan memutus mata rantai penyebaran Covid-19,”terang Parinringi.

Peran Kesbangpol, kata Parinringi, juga untuk mengidentifikasi kesiapan sarana dan prasarana rumah sakit yang memiliki peran penting dalam percepatan penanggulangan Covid-19. Pihaknya memastikan kondisi rumah sakit dan hasilnya dilaporkan ke gugus tugas dan Gubernur Sultra. Di samping itu, Kesbangpol Sultra juga aktif memantau batas-batas wilayah untuk memastikan bahwa transportasi jalur darat, laut, maupun udara, mematuhi protokol penanganan Covid-19 yang telah dikeluarkan pemerintah.

Mantan Wakil Bupati Konawe itu menjelaskan dalam rangka menjamin ketersediaan bahan pangan, Kesbangpol memetakan wilayah-wilayah ketahanan pangan yang ada di Sulawesi Tenggara. “Di tengah pandemik, kita harus memikirkan ketahanan pangan. Selama ini kebutuhan pokok seperti beras dan lain sebagainya mungkin berasal dari Jawa dan Sulawesi Selatan. Dengan kondisi seperti ini, belum tentu mereka bersedia melepas bahan pokok ke daerah lain. Oleh karena itu, akan kita petakan dan laporkan kepada tim gugus tugas Covid-19 dan pimpinan,” pungkas Parinringi. (uli/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy