Lawan Covid-19, Kesbangpol Sultra Libatkan FKUB – Kendari Pos
Metro Kendari

Lawan Covid-19, Kesbangpol Sultra Libatkan FKUB

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sultra ikut mengambil peran penting dalam “misi mulia” melawan pandemi virus korona (Covid-19) di Bumi Anoa. Sesuai tupoksinya, Kesbangpol melibatkan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) untuk memutus mata rantai penyebaran virus “Made In Cina” tersebut.

“Kami lakukan edukasi kepada masyarakat melalui tokoh-tokoh lintas agama yang tergabung dalam FKUB. Bersama memastikan masyarakat menaati imbauan pemerintah yang bertujuan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Sultra. Kita harus bahu membahu dan selalu mengingatkan, supaya pandemi ini cepat berakhir,” ungkap Parinringi, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kesbangpol Sultra.

Keterlibatan Kesbangpol dalam memaksimalkan imbauan pemerintah ke masyarakat sangat krusial. Sebab, warga biasanya lebih mendengar arahan tokoh agamanya dibanding orang lain. Makanya, kehadiran FKUB dengan Kesbangpol sebagai aktor utamanya sangat dibutuhkan. “Prinsipnya, kita ingin semua punya komitmen yang sama mengikuti protokol kesehatan. Tupoksi kami memaksimalkan edukasi ke publik supaya mengikuti arahan tentang phsical distancing,” jelasnya.

Meski secara teknis tidak terlibat langsung dalam penanganan Covid-19 sebagaimana dinas lain, seperti Dinas Kesehatan, namun Kesbangpol juga tetap mengambil peran yang lain. Salah satunya, dengan membagikan masker dan vitamin kepada tokoh lintas agama serta seluruh ormas yang terdaftar di Kesbangpol Sultra. “Insyaallah dalam waktu dekat akan dibagikan,” ujar mantan Pj Bupati Konawe tersebut.

Tak hanya melibatkan FKUB, Kesbangpol juga akan melakukan koordinasi dan kerja sama dengan partai politik dalam menangani dan memutus Covid-19. “Kami fokus ke parpolnya bukan pribadi anggota DPRD-nya. Mereka akan dilibatkan dalam menangani pandemi Covid-19 ini,” jelasnya. Untuk yang satu ini, Kesbangpol sepertinya akan mudah dilakukan. Karena sebagian parpol sudah melakukan langkah serupa. Misalnya membagikan masker dan sembako kepada masyarakat.

Tupoksi lain yang tak kalah penting, Kesbangpol melakukan pemantauan, pengamanan, dan pendistribusian logistik. Menurut Parinringi, saat pelepasan tim ekspedisi logistik ke daerah, pihaknya ikut lakukan pemantauan. “Kesbangpol bertugas melakukan pengamanan dan pemantauan bersama TNI dan Polri,” imbuhnya. (adv/uli)

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy