Lahan Pengembangan Kakao di Kolut Diperluas – Kendari Pos
Kolaka Utara

Lahan Pengembangan Kakao di Kolut Diperluas

Tanaman kakao warga Desa Kolu-Kaluku di Kecamatan Kodeoha seluas satu hektare yang dibudidayakan melalui program program revitalisasi Pemkab Kolut dan kini telah memperlihatkan hasil menggembirakan.


KENDARIPOS.CO.ID — Rencana menambah areal pengembangan sentra kakao digagas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut). Kawasan seluas 10 hektare di Desa Ponggiha, Kecamatan Lasusua dianggap belum memadai. Pj Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kolut, Ismail Mustafa, mengungkapkan, lahan yang tersedia saat ini masih proyeksi awal dengan biaya pembebasan sebesar Rp 2 miliar. Pengerahan alat berat telah dilakukan untuk pembersihan sentra major project komoditas ekspor tersebut. “Kami (Pemkab) sharing anggaran dengan Pemerintah Pusat sebesar Rp 10 miliar. Khusus lahan sebanyak Rp 2 miliar itu dari APBD Kolut,” jelas Ismail, kemarin.

Lahan itu dipisah menjadi dua bagian dan menempati dataran lebih tinggi, tak jauh dari pemukiman Desa Ponggiha. Setelah lahan dibersihkan, maka dilanjutkan dengan pembangunan inftrastruktur meliputi area pembenihan dan pembibitan. Termasuk kantor, zona pengelolaan kakao hingga tempat produksi produk jadi atau Unit Pengolahan Hasil (UPH) menjadi cokelat siap edar. “Ada juga khusus tempat pelatihan untuk para petani kakao. Karena selain produksi, juga sifatnya edukasi,” tuturnya.

Ke depan zona itu bukan hanya menjadi tempat pengolahan kakao namun juga mengarah pada pengembangan sektor pariwisata. Hal ini tentunya sangat menunjang program PPemkab yang mencanangkan revitalisasi. “Sumber daya ada, tempat produksi tersedia, sehingga ke depan Kolut bisa mandiri menjadi wilayah produsen kakao yang produknya bisa beredar keluar daerah,” tandas Ismail Mustafa. (b/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy