Lagi, Enam Warga Wakatobi Positif Corona – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Lagi, Enam Warga Wakatobi Positif Corona

Muliaddin Anis


KENDARIPOS.CO.ID — Hasil pemeriksaan laboratorium sampel swab tujuh warga Wakatobi di Makassar akhirnya keluar. Dari tujuh orang yang dites pada tanggal 4 Mei lalu, enam diantaranya terkonfirmasi positif Covid-19. Semuanya merupakan warga Binongko yang termasuk eks penumpang KM Dorolonda. Juru Bicara (Jubir) Satgas Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Wakatobi, Muliaddin Anis, menyebutkan dari 18 yang reaktif, ada 14 orang yang sudah dilakukan pengambilan sampel swab.

“Ini dua tahap yakni pertama pengambilan swab tanggal 4 Mei yang dipusatkan di UPTD Puskesmas Binongko sudah keluar. Dari tujuh orang ini, enam dikonfirmasi positif. Sementara pengambilan sampel tanggal 7 Mei sebanyak tujuh orang ini masih menunggu hasilnya,” ungkapnya, Rabu (13/5). Kadis Kesehatan Wakatobi itu menambahkan hasil swab yang dilakukan tanggal 4 Mei sebanyak tujuh orang merupakan enam orang eks penumpang Dorolonda dan satunya pelaku perjalanan dari Surabaya “Mereka keseluruhannya eks penumpang dari KM Dorolonda ini dari wilayah Timur dan semuanya ada di Pulau Binongko,” tambahnya.

Keenam orang ini berstatus orang tanpa gejala (OTG). Mereka adalah laki-laki 38 tahun, 41 tahun, 44 tahun dan 72 tahun, Serta dua wanita usia 33 dan 8 tahun. “Semua telah kita lakukan protokol kesehatan utamanya yang sudah terkonfirmasi positif. Mereka sudah diisolasi di tempat yang telah disiapkan pemerintah,” bebernya.

Muliadin menambahkan keenam orang ini akan dilakukan penanganan selanjutnya. Mereka OTG yang jauh-jauh hari telah dilakukan isolasi. “Teman-teman masih komunikasi dengan Satgas Penanganan di Provinsi dan Baubau untuk langkah selanjutnya. Kami harapkan semua masyarakat Wakatobi tetap patuhi anjuran pemerintah, jaga jarak, rajin cuci tangan, konsumsi buah, kurangi keluar rumah jika tidak penting dan jangan panik berlebihan tapi tetap waspada,” pungkasnya.

Sekadar diketahui sebanyak 188 OTG yang tersebar di sejumlah kecamatan di Wakatobi seluruhnya sudah dilakukan rapid test. Saat ini yang yang masih dipantau dan berstatus OTG sebanyak 83 orang dan satu orang ODP. Dari delapan kecamatan di Wakatobi, dua diantaranya saat ini tidak memiliki kasus Covid-19 yakni Kecamatan Kaledupa dan Tomia. (b/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy