Lagi, 48 Pasien Korona di Bombana Sembuh Massal – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Lagi, 48 Pasien Korona di Bombana Sembuh Massal


KENDARIPOS.CO.ID — Tidur Ketua Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Bombana, Tafdil tak pernah nyenyak lantaran memikirkan puluhan warganya yang terpapar virus korona (Covid-19). Bupati Bombana dua periode itu bersama tim medis Satgas Covid-19 bekerja keras merawat para pasien. Kerja keras itu tak mengkhianati hasil. Sekira 48 orang pasien positif Covid-19 dinyatakan sembuh.

Seluruh pasien sembuh tersebut dirawat langsung secara intens oleh tim medis di Satgas Covid-19 Kabupaten Bombana. “Alhamdulillah dari 61 pasien yang dirawat di Kabupaten Bombana, 48 pasien dinyatakan sembuh berdasarkan hasil tes. Ini hasil yang sangat memuaskan dimana kita sukses menunjukkan bahwa Satgas Covid Bombana bisa melakukan perawatan optimal,” kata Tafdil kepada Kendari Pos, Selasa (26/5) kemarin.

Sukses besar yang dipetik dari kerja keras itu diapresiasi Tafdil. Menurutnya sukses itu berkat kerja sama yang baik seluruh jajaran Satgas Covid-19 Bombana, yang dengan ikhlas memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik kepada seluruh pasien terkonfirmasi positif yang dirawat oleh Satgas Covid-19 Bombana. Selain itu, konseling terhadap seluruh pasien intens dilakukan untuk mengetahui apa keluhan. Bahkan setiap harinya pasien positif Covid-19 diajak berinteraksi agar tidak stres dengan kondisinya. “Kami memiliki dokter spesialis paru yang intens memantau seluruh pasien. Bahkan untuk pasien anak-anak yang positif Covid-19, kami menggandeng PPA untuk melalukan pendampingan,” ujar Tafdil.

Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Kabupaten Bombana, Heryanto menambahkan kerja sama dokter spesialis yang ada di Bombana, baik dokter spesialis paru dan dokter spesialis gizi, termasuk para perawat berkontribusi atas kesembuhan 48 pasien positif Covid-19. Dan ditopang dukungan serta kebijakan Bupati Bombana, Tafdil dalam penanganan Covid-19. “Kita selalu berinteraksi dengan mereka agar tidak stres dan imunnya terus terbentuk agar Covid-19 segera hilang. Jadi setiap hari selalu ada senam kebugaran yang dipandu dengan tenaga medis kecuali hujan,” paparnya.

Ketua PPNI itu juga menjelaskan 48 pasien sembuh massal karena didukung dengan fasilitas memadai saat isolasi. 61 pasien yang diisolasi di rumah susun, tidak digabung pasien lainnya. Setiap pasien memiliki kamar masing-masing sehingga jika ada pasien yang akan sembuh tidak terkontaminasi dengan pasien yang belum sembuh.

“Saat diumumkan 61 pasien positif korona, kami putuskan untuk dirawat di Bombana saja, karena kami yakin dengan tenaga medis yang memadai dan adanya rusun bisa sangat membantu penyembuhan pasien. Meskipun RSUD Bombana bukan RS rujukan pemerintah, tapi kita bisa buktikan bahwa Bombana bisa,” kata Heryanto.

Sementara itu, Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sultra, dr.La Ode Rabiul Awal, mengatakan kasus positif korona sembuh di Bombana itu diperoleh berdasarkan hasil uji laboratorium di Makassar untuk pasien Bombana. Sedangkan pasien sembuh sebelumnya dari Kota Kendariberdasarkan Tes Cepat Molekuler (TCM) di Rumah Sakit Bahteramas. “Rincian kasus sembuh terdiri dari Kabupaten Bombana 48 orang dan Kota Kendari satu orang. Total pasien sembuh sekira 49 orang,” kata pria yang karib disapa dr.Wayong itu, kemarin.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sultra itu, mengungkapkan kasus sembuh ini tidak diikuti penambahan kasus positif virus korona. Sehingga total kasus konfirmasi positif Covid-19 secara keseluruhan masih 215 orang. “Alhamdulillah tidak ada penambahan kasus positif. Sementara yang masih menjalani perawatan atau karantina tersisa 111 orang,” kata dokter ahli bedah itu.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sultra, Muhammad Ridwan mengatakan, jumlah kasus sembuh hari ini (kemarin,red) tentu menjadi kabar menggembirakan. Pasalnya, ini jumlah kasus sembuh terbanyak di Sultra. “Untuk Bombana dari 60 jumlah sampel yang di kirim ke lab Makassar, sebanyak 48 orang dinyatakan negatif. Sementara 3 pasien masih dinyatakan positif dan akan dilakukan uji swab lanjutan dan 9 pasien lainya masih menunggu konfirmasi hasil lab. Selain itu juga ada pasien sembuh satu orang dari Kota Kendari berdasarkan hasil pemeriksaan TCM di Lab RSUD Bahteramas. Tentu ini tren yang baik untuk penambahan jumlah sembuh di Sultra,”terangnya. (kmr/rah/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy