La Bakry-Iis Elianti Kompak Salurkan Ribuan Bantuan – Kendari Pos
Buton

La Bakry-Iis Elianti Kompak Salurkan Ribuan Bantuan


KENDARIPOS.CO.ID — Masyarakat Kabupaten Buton beruntung punya pemimpin daerah, Bupati La Bakry dan Wakil Bupati Iis Elianti Umar Samiun yang selalu kompak dan harmonis membangun daerah. Keduanya juga kompak menangani penyebaran wabah Covid-19. Warga yang terdampak pandemi Covid-19 tak diabaikan.

Bupati Buton, La Bakry (tiga dari kiri) dan Wakil Bupati Buton, Iis Elianti Umar Samiun (kiri) kompak menyalurkan bantuan paket sembako kepada warga Buton yang terdampak pandemi Covid-19, kemarin.

Duet pemimpin Kabupaten Buton La Bakry dan Iis Elianti Umar Samiun peka akan kesulitan warganya. Tak heran jika ribuan 10 ribu paket bantuan digelontorkan baik bantuan sembako maupun dan uang tunai selama pandemi Covid-19. Bantuan dari pihak swasta pun disalurkan Pemkab Buton.

Bupati Buton La Bakry mengatakan bantuan untuk warga terdampak virus korona datang dari berbagai penjuru. Ada dari pemerintah pusat berupa BLT dan PKH, kemudian dari pemerintah provinsi berupa sembako sama dengan pemerintah kabupaten.

Saat ini kata dia, sebanyak 1.348 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sembako di Kabupaten Buton sudah menerima haknya.

Bantuan itu sejatinya adalah bantuan rutin yang diberikan pemerintah setiap bulannya. Hanya saja karena alasan pandemi, sehingga jumlahnya bertambah sebab masyarakat yang membutuhkan juga ikut bertambah.

Dikatakannya, tambahan perluasan program sembako untuk masyarakat Buton sebanyak 1.398 KPM jadi totalnya saat ini sebanyak 6.799 KPM. “Program ini sudah berlangsung lama bantuannya berupa beras dan telur lewat warung. Saat ini memang jumlahnya ditambah,” ujar Bupati Buton La Bakry didampingi Wakil Bupati Buton, Iis Elianti Umar Samiun, Selasa (19/5) kemarin.

Selain bantun itu, Pemkab Buton juga mendapat jatah bantuan untuk lansia dari Kementerian Sosial. Bantuan itu juga sudah disalurkan langsung pada penerimanya. “Alhamdulillah kita juga dapat bantuan untuk lansia sebanyak 165 lansia dari Kemensos,” lanjut Ketua DPD Golkar itu.

Jumlah KK miskin di Kabupaten Buton sekira 19.000-an. Sehingga bantuan pusat itu belum mencakup seluruh warga miskin itu.Pemkab Buton berinisiatif membagikan beras kepada 5.000 KK miskin. Tentu bertujuan untuk mengurangi beban warga serta demi menekan inflasi harga beras di daerah. “Setiap KK itu kebagian 20 kilogram, sudah kita salurkan,” sambungnya.

Belakangan, PKK Buton pun ikut ambil bagian dengan menyumbang 1000-an paket sembako kepada warga yang belum tersentuh bantuan. “Setelah pembagian, ternyata masih ada warga yang layak tapi belum dapat. Kita data lagi dan kami mendapat angka 1000 lebih. PKK ikut membantu memberi bantuan. Kita berharap semua bantuan bisa meringankan beban warga kita,” tutup La Bakry. (lyn/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy