Kreatif Tangani Covid-19, Jenderal Merdy Puji Inovasi Tafdil – Kendari Pos
Nasional

Kreatif Tangani Covid-19, Jenderal Merdy Puji Inovasi Tafdil

Bupati Bombana, Tafdil (kanan) menyambut Kapolda Sultra, Brigjen Pol Merdisyam (dua dari kanan) saat kunjungan kerja Kapolda di Bombana, Selasa (12/5). Dalam kesempatan itu, Bupati Bombana Tafdil memaparkan sebuah aplikasi berbasis online dalam menangani pandemi Covid-19.


KENDARIPOS.CO.ID — Bekerja dengan inovasi sudah menjadi ciri khas Bupati Bombana, H.Tafdil. Inovasi teranyarnya mengundang decak kagum Kapolda Sultra, Brigadir Jenderal (Brigjend) Pol Merdisyam yang berkunjung di wilayahnya. Di hadapan jenderal bintang satu itu, Bupati Bombana Tafdil memaparkan kinerjanya menangani percepatan pandemi virus korona (Covid-19) berbasis aplikasi online.

Mendengar paparan Tafdil, Kapolda Sultra Brigjen Pol Merdisyam memuji inovasi Pemkab Bombana dalam percepatan penanganan Covid-19 melalui aplikasi berbasis online. Inovasi tersebut sangatlah efektif untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. “Ini harus ditiru semua kabupaten, karena dengan ini saya yakin pengananan Covid-19 dapat terkendali dengan cepat. Dan saya harap seluruh tim Satgas kabupaten yang di dalamnya terdapat kepolisian agar selalu bersinergi untuk bekerja keras menanggulangi Covid-19 ini,” ujar jenderal yang karib disapa Brigjend Merdy didampingi Karo Ops Polda Sultra Kombes Pol Budi Wasono, Selasa (12/5) kemarin.

Sebelumnya, Bupati Tafdil menjelaskan secara detail tentang aplikasi online khusus penanganan Covid-19 yang dapat melakukan tracking online (pelacakan online). Sistem itu berbeda dengan kkabupaten atau kota lain yang masih melakukan tracking manual. “Kami punya delapan pintu masuk di Kabupaten Bombana dan semua yang masuk di Bombana di data dan langsung terintegrasi dengan aplikasi online. Jadi kami bisa pastikan siapa saja dan dari mana saja orang yang masuk di Kabupaten Bombana itu dapat terdata dengan baik,” kata Tafdil kepada Brigjend Merdisyam bersama rombongan disela-sela memantau persiapan Polres Bombana melakukan operasi ketupat tahun 2020 dan mengecek Posko Satgas Covid-19 Kabupaten Bombana, Selasa (12/5) kemarin.

Tafdil yang juga Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Bombana, menjelaskan terintegrasinya seluruh data masyarakat yang masuk dan keluar di Bombana pada aplikasi tersebut dapat memudahkan Satgas Bombana melakukan tracking. “Kami tidak seperti daerah lain yang mengumumkan di medsos seperti facebook jika ada yang masuk dalam cluster (gugus) positif, dan pasti tidak ada yang mau jujur. Kami tinggal menulis cluster apa, lalu diklik. Semuanya akan terlihat, dan ini membuat kami dengan cepat mencegah Covid-19,” jelas Tafdil berapi-api.

Bupati Bombana dua periode itu juga menjelaskan bahwa pihaknya menyiapkan Rumah Susun (Rusun) untuk karantina mandiri menampung masyarakat bertatus OTG dan ODP. Data per tanggal 11 Mei, di Bombana trdapat memiliki 23 ODP dan OTG sebanyak 96 orang. “Lima pasien positif Covid-19 yang kini sedang menjalani prawatan di RS Bahteramas, Kota Kendari. Dan yang ODP dan OTG semua di karantina di rusun, semua kebutuhannya kami penuhi untuk mendukung kesehatan mereka,” paparnya. (kmr/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy