Korem 143 Halu Oleo Kendari Naik Kelas, Tiga Kodim Dibentuk – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Korem 143 Halu Oleo Kendari Naik Kelas, Tiga Kodim Dibentuk

Danrem 143 HO Kolonel Inf. Jannie Aldrin Siahaan (tengah) dan Dirut Kendari Pos, Irwan Zainuddin (tiga dari kanan) bersama Direktur Kendari Pos, Laode Diada Nebansi (tiga dari kiri), dan Kapenrem 143 HO Mayor Arm Sumarsono (dua dari kiri) usai bersilaturahmi di Graha Pena Kendari Pos, Selasa (26/5).

KENDARIPOS.CO.ID — Komando Resor Militer (Korem) 143 Halu Oleo Kendari sudah naik kelas menjadi tipe A. Kenaikan tipe tersebut, mutlak pangkat pucuk pimpinan Korem ikut naik. Jika sebelumnya, Komandan Korem (Danrem) 143 dipimpin perwira TNI berpangkat Kolonel, nantinya akan dipimpin perwira tinggi (pati) berpangkat brigadir jenderal (Brigjen) TNI.

Kondisi daerah dan mobilitas jumlah penduduk menjadi satu dari faktor Korem naik status bertipe A. Hal ini disampaikan Danrem 143 HO KEndari, Kolonel Infanteri TNI Jannie A Siaahan saat berkunjung di Kantor Graha Pena Kendari Pos, Selasa (26/5. Kenaikan tipe itu, diikuti pembentukan beberapa Komando Distrik Militer (Kodim) baru di tiga kabupaten di Sulawesi Tenggara. Yakni Kodim Buton Utara, Kodim Konawe Selatan dan Kodim Konawe Utara.

Kolonel Inf Jannie menyebutkan penambahan Kodim tersebut sudah lama dirancang. Misalnya, pembentukan Kodim Buton Utara. TNI lebih dulu membangun markas komando Kodim. Lalu, penunjukan komandan Kodim. “Tinggal didefinitifkan saja,” ujarnya saat bersilaturahmi kepada Direktur Utama Kendari Pos, Irwan Zainuddin di Graha Pena Kendari Pos, Selasa (26/5) kemarin.

Selain itu, adapula Batalyon Infanteri 723 yang sementara dirancang untuk dibentuk di Kabupaten Kolaka.

“Penambahan Kodim dan Batalyon Infanteri ini sangat urgen. Sebab, jumlah penduduk Sultra cukup besar. Untuk mengatasi sebuah permasalahan sangat dibutuhkan kekuatan TNI yang lebih besar. Misalkan pada kejadian di Sampuabalo, Kabupaten Buton. Kita mesti harus meminta personel dari luar untuk mengatasi trouble tersebut,”kata Kolonel Inf Jannie A Siahaan.

Saat berbincang dengan Dirut Kendari Pos, Irwan Zainuddin, Danrem 143 HO, Kolonel Inf Jannie A Siahaan banyak memaparkan soal kebutuhan Kodim disetiap daerah di Sulawesi Tenggara, khususnya dalam menjaga keamanan. Pengganti Kolonel Yustinus Nono Yulianto ini berharap program-program yang sedang dilakukan oleh TNI dapat didukung media massa, termasuk Harian Kendari Pos.

Media massa kata Kolonel Inf Jannie, sangat berperan penting dalam memberikan kondusivitas daerah melalui informasinya.

“Kami berharap media dapat berkolaborasi menjadi mitra yang baik kepada TNI. Hal-hal yang menjadi program media massa, silakan diinformasikan. Jika bisa, pastinya akan kami dukung. Begitupula dengan kami TNI. Ibarat kita adalah tetangga,”ungkapnya.

Sementara itu, Dirut Kendari Pos, Irwan Zainuddin mengapresiasi kunjungan Danrem 143 HO, Kolonel Inf Jannie A Siahaan bersama jajarannya. Irwan Zainuddin menyampaikan selama ini Kendari Pos menyajikan informasi yang sarat nilai edukasi. Saat ini, Kendari Pos sedang merancang program yang mendukung program kerja pemerintah daerah. Misalnya dengan mengangkat budaya Sultra dan tokoh-tokoh Sultra. “Hal ini untuk menggambarkan kecintaan Kendari Pos dalam upaya pelestarian budaya daerah Sultra. Kami mengambil peran dalam festival dan pagelaran budaya Sultra. Kegiatan itu, siswa diajak mengunjungi instansi pemerintah, TNI dan Polri sebagai pengenalan lembaga-lembaga di daerah,” ujar Irwan Zainuddin. (ade/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy