Kontribusi Pertanian di Wakatobi Hanya 30 Persen – Kendari Pos
Wakatobi

Kontribusi Pertanian di Wakatobi Hanya 30 Persen

KENDARIPOS.CO.ID — Kontribusi pangan sebagai salah satu hasil pertanian di Kabupaten Wakatobi belum maksimal. Apalagi sektor itu memang tak menjadi andalan. Saat ini hasil pertanian pangan di Wakatobi diklaim sudah bisa berkontribusi hingga 30 persen. Menurut Kepala Dinas Pertanian, Tamrin, permasalahan tersebut memang harus diselesaikan. Pihaknya juga telah melaporkan isu-isu pangan yang bisa di dorong ke Pemerintah Pusat. Diantaranya, komoditas ubi kayu dan palawija lainnya.

Mantan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Wakatobi itu menyebut, saat ini tanaman ubi kayu memiliki lahan yang cukup besar yakni 922 hektare se Wakatobi. Setelah dianalisis melalui neraca bahan makanan, ubi kayu termasuk palawija lainnya mampu menurunkan konsumsi beras hingga 0,2 kg per hari. “Nah ini merupakan salah satu isu yang kita sampaikan. Kita berharap mendapatkan perhatian serius dari Pemerintah Pusat. Sementara saat ini padi juga sudah bisa dan berhasil tumbuh di lahan petani,” ungkapnya.

Tamrin

Kontribusi pangan untuk masyarakat Wakatobi yang hanya mencapai 15 hingga 30 persen ini, selebihnya diakui Tamrin hanya mengandalkan dari luar. “Kita berharap permasalahan ini diselesiakan. Saat ini di Desa Sombano Kaledupa ada ratusan hektare lahan yang punya potensi bisa ditumbuhi padi. Ini yang masih kita usulkan mudah-mudahan direspon positif oleh pusat agar tahun depan bisa kita eksekusi,” pungkasnya. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy