Konsisten Perangi Covid-19, Bupati Koltim Siapkan Anggaran Rp 15 Miliar dan Bantuan Sembako – Kendari Pos
Kolaka Timur

Konsisten Perangi Covid-19, Bupati Koltim Siapkan Anggaran Rp 15 Miliar dan Bantuan Sembako

Bupati Koltim, Tony Herbiansyah (kiri) peduli kepada warganya yang terdampak pandemi Covid-19. Tampak Bupati Koltim, Tony Herbiansyah memberikan bantuan sembako kepada warga Koltim, Rabu (13/5).

KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Kolaka Timur (Koltim), Tony Herbiansyah masif bergerak menahan laju “serangan” virus korona (Covid-19). Anggaran miliaran rupiah direaloasi untuk percepatan dan penanggulangan pandemi Covid-19. Tony Herbiansyah menyiapkan anggaran sekira Rp 15 miliar. Tony Herbiansyah mengatakan, penanggulangan Covid-19 akan difokuskan tiga aspek yakni bidang kesehatan meliputi pembelian alat pelindung diri, alat kesehatan dan semua yang berkaitan penanganan virus korona.

Termasuk penagulangan ekonomi dan pengulangan sosial kemasyarakatan dalam upaya mengurangi penyebaran pandemi itu.

“Pokoknya masa pandemi ini kita berusaha bahu-membahu masyarakat dan semua stakeholder dalam mengurangi dan mencegah penularan virus korona. Kami menyediakan anggaran yang cukup untuk antisipasi bencana ini,” ujar Tony Herbiansyah kepada Kendari Pos, Rabu (13/5).

Ketua DPW NasDem Sultra ini mengaku, jika bantuan kepada warga yang terdampak Covid-19 mulai disalurkan pada warga yang tidak mendapatkan bantuan sosial lainnya. Untuk tahap pertama bantuan paket sembako akan disalurkan kepada 1.337 kepala keluarga di 16 kelurahan.

“Kita berikan bantuan sembako, dan bahan makanan lainnya. Jika masih ada yang belum didata akan kita data kembali dan dianggarkan lagi,” terang Tony Herbiansyah.

Pemkab Koltim juga akan mendata UMKM yang terdampak akibat pandemi Covid-19 ini. Mereka juga mesti mendapat bantuan dari Pemkab Koltim. Tony Herbiansyah berharap, pada masa pandemi ini, masyarakat Koltim bisa membantu pemerintah dalam mengatasi penyebaran viurs korona. Harus mematuhi anjuran pemerintah sesuai protokoler kesehatan jika ingin keluar rumah dan diupayakan tetap di rumah.

Bupati Koltim, Tony Herbiansyah merinci pihaknya telah menyediakan Rp 8,6 miliar bantuan langsung tunai (BLT) berbasis dana desa (DD) untuk warga yang terdampak pandemi Covid-19. Dengan harapan BTL DD itu dapat disalurkan berdasarkan data akurat dan tepat sasaran pada warga yang berhak menerima.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Koltim, Hanarudin menjelaskan pada tahap awal ada 13 desa yang akan mencairkan BLT DD.
“Kalau yang masuk laporan bahwa ada 13 desa yang siap mencairkan dengan mengunakan DD tahap pertama yang belum terserap. Sebanyak 104 desa masih menunggu pencairan DD tahap II (kedua) yang sementara diurus,” urai Hanarudin disela-sela launching BLT DD, Rabu (13/5) kemarin di Kecamatan Loea.

Dikonfirmasi terpisah, Kabid Pemdes DPMD Koltim, Kusram Maroli mengatakan, dari total 117 desa di Koltim hanya sekitar 4.825 kepala keluarga yang masuk dalam daftar penerima BLT. Jumlah penerima di masing-masing desa bervariasi. “Kalau kita totalkan sekira Rp 8,6 miliar. Setiap penerima mendapat Rp 600 ribu setiap bulan selama tiga bulan mulai April, Mei dan Juni,” ujarnya. (kus/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy