KM Dobonsolo dan Mega Abadi Dilarang Berlabuh di Baubau, tak jadi Sandar Satu Kapal ke Kendari – Kendari Pos
Bau-bau

KM Dobonsolo dan Mega Abadi Dilarang Berlabuh di Baubau, tak jadi Sandar Satu Kapal ke Kendari

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau menolak kedatangan Kapal Pelni KM Dobonsolo dan Kapal Perintis KM Mega Abadi yang akan sandar di Pelabuhan Murhum Baubau. Walikota Baubau, AS Tamrin menegaskan sudah menyurat ke ke Kemeterian Perhubungan Laut. “Kita meminta agar KM Dobonsolo tidak sandar di Baubau. Begitu pula dengan KM Mega Abadi, saya sudah bersurat ke KUPP kelas I Baubau agar tidak sandar di Pelabuhan Murhum,” katanya saat ditemui di Rumah Jabatan, Jumat (1/5/2020).

Penolakan Pemkot Baubau terhadap dua kapal tersebut didasari berbagai pertimbangan. Pertama, karena adanya informasi dua orangn ABK KM Dobonsolo positif terpapar virus corona berdasarkan hasil swab. Begitu pula dengan KM Mega Abadi ada indikasi satu orang penumpang yang akan diturunkan positif covid- 19. Kemudian dikhawatirkan jangan sampai ada terjadi penolakan dari masyarakat dan memancing keributan. Ditambah satu Mei merupakan hari buruh dimana karena covid-19 berdampak pada buruh kehilangan mata pencaharian.

“Berdasarkan hal tersebut maka tadi malam kita lakukan rapat bersama sampai pukul 02.02 Wita dinihari. Bersama Kapolres Baubau selaku Wakil Ketua Gugus Tugas covid-19, Sekda Baubau yang juga sekretaris gugus tugas covid-19 Kota Baubau, kepala BPBD Baubau, KUPP Baubau dan Kadis Kesehatan Baubau dan Kepala Pelni Baubau, bersepakat menolak KM Dobonsolo dan KM Mega Abadi sandar di Baubau,” kata Walikota Baubau dua periode itu.

Ketua DPD PAN Kota Baubau itu menambahkan, Pemkot Baubau sangat serius dalam melakukan upaya pemutusan wabah virus corona. Diharapkan masyarakat dapat mendukung hal itu dengan tetap berada dirumah, tidak berkerumun, menggunakan masker, jaga jarak dan menjaga pola hidup sehat. “Untuk memutus mata rantai sebaran cocid-19 membutuhkan kesadaran bersama. Kita harap seluruh masyarakat mengikuti dan mematuhi himbauan pemerintah,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala KUPP Kelas I Baubau, Pradigdo mengungkapkan, sesuai jadwal KM Dobonsolo akan sandar di Pelabuhan Murhum Baubau Jumat (1/5) sekira pukul 14:00 Wita. Demikian pula dengan KM Mega Abadi juga dijadwalkan sandar hari ini. Rute berlayar KM Dobonsolo star dari Jayapura – Sorong – Ambon – Namulea – Baubau – Surabaya lalu Tajung Priuk. Muatannya logistik. Sememtara KM Mega Abadi berlayar dari Maluku Utara (Obi – Sana – Bobong) – Banggai (Sulteng) lalu Baubau (Sulawesi Tenggara). Muatannya logistik dan penumpang.

“Tetapi semua tidak ada yang jadi sandar di Pelabuhan Murhum Baubau. KM Dobonsolo berencana akan memuat kontainer tetapi karena tidak jadi sandar di Pelabuhan Murhum akhirnya ke Surabaya. Sementara KM Mega Abadi berencana menurunkan penumpang tetapi tidak jadi sandar akhirnya ke Kota Kendari,” tutup Pradigdo. (ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy