Khusyuk Lebih Meningkat, Oleh: Abdurrahman Shaleh – Kendari Pos
Metro Kendari

Khusyuk Lebih Meningkat, Oleh: Abdurrahman Shaleh

Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Shaleh

KENDARIPOS.CO.ID — Ada nikmat tersendiri dalam melaksanakan ibadah di bulan suci Ramadan 1441 Hijriah di tengah pandemi virus corona disease (Covid-19). Di bulan suci yang penuh ampunan ini, kita diminta untuk melaksanakan ibadah ramadan di rumah bersama keluarg. Tujuannya tak lain dan tak bukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Penekanan tentang esensi ibadah harus diperkuat. Kalau sudah beribadah, tentu ada kesadaran penuh melaksanakan ritual. Ibadah itu bisa dilaksanakan di masjid dan di rumah. Hanya karena kondisi yang kita alami di luar perkiraan, maka kita harus patuh kepada imbauan ulama dan pemerintah yakni melaksanakan ibadah ramadan di rumah saja.
Imbauan itu tentu sudah melalui kajian mendalam. Karena itu, sebaiknya lakukan ibadah berjamaah dengan keluarga inti. Lagipula ibadah di rumah tak akan mengurangi kekhusyukan kita.

Ada pengalaman sahabat saya khusyuknya lebih meningkat di bulan Ramadan tahun ini. Tahun lalu di puasa ketiga, teman saya hanya baca tiga juz Alquran. Tetapi tahun ini di puasa ketiga, sahabat saya sudah masuk bacaannya enam juz Alquran. Jadi jangan dikotomi seolah-olah kalau kita ibadah di rumah, pahalanya kurang. Tidak begitu. Karena ibadah di rumah tidak mengurangi pahala kita. Yang penting kekhusyukan kita semata-semata demi Allah SWT.

Saya mengajak seluruh warga Sultra untuk mengisi bulan suci ramadan ini di rumah dengan tadarus, salat malam, dan melakukan hal-hal positif. Semoga segala doa yang kita panjatkan dapat diterima di sisi Allah SWT.

Apabila kita semua kompak, punya kesadaran tinggi dan disiplin maka percaya virus korona segera berlalu. Imbauan pemerintah menyadarkan kita sebagai pribadi masyarakat tetapi yang lebih penting adalah kita harus patuh terhadap keputusan Organisasi Kesehatan Dunia dalam mencegah virus korona seperti perilaku hidup besih, jaga jarak, pakai masker, dan minum vitamin. Kalau itu bisa kita laksanakan, saya kira penyebaran virus korona bisa ditekan lebih cepat. Jangan anggap enteng penyebaran virus korona ini karena penyakit ini yang berbahaya. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy