Kerja Maksimal Kawal Penanganan Covid-19, Kesbangpol Sultra Masifkan Koordinasi – Laman 2 – Kendari Pos
Metro Kendari

Kerja Maksimal Kawal Penanganan Covid-19, Kesbangpol Sultra Masifkan Koordinasi

Masifkan Koordinasi
Pantau Aktivitas Pelabuhan

Plt Kepala Kesbangpol Sultra, Parinringi all out menangani pandemi virus corona. Meski secara teknis tidak terlibat langsung mengurus pasien corona, namun perannya tak kalah vital. Dia memaksimalkan kerja sesuai tupoksinya di Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19. Dia intens menjalin koordinasi dengan instansi lain dalam rangka memutus mata rantai Covid-19.

Parinringi tak segan turun lapangan untuk memantau kondisi penanganan wabah corona di wilayah pelabuhan. Dia ingin memastikan protokol kesehatan dijalankan sesuai protap. Terutama bagi penumpang yang naik maupun turun. “Semua harus dipastikan. Kalau ada kendala, tugas kami menyampaikannya kepada Ketua Gugus Tugas,” ungkapnya.

Mantan Wakil Bupati Konawe ini tak sendiri bekerja, dia juga punya tim khusus yang melakukan tugas-tugas itu. Kemarin, tim yang dipimpin Andi Ratu Bulqis tersebut melakukan koordinasi dan monitoring aktivitas di Pelabuhan Penyebrangan Feri rute Kolaka-Bajoe. Bekerja sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kolaka, intesitas penjagaan kawasan pelabuhan ditingkatkan. Hal itu untuk memastikan setiap penumpang yang mendarat tidak terpapar pendemi covid-19.

Koordinator Tim Pemantau Penanganan dan Penyebaran Covid-19 Kesbangpol Sultra, Andi Ratu Bulqis menjelaskan, setiap penumpang yang menyeberang maupun masuk harus lakukan pengukuran suhu badan. Jika dalam pemeriksaan ditemukan suhu badan abnormal, akan segera ditangani Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk ditindaklanjuti.

“Upaya ini untuk menangkal sebaran covid-19. Wilayah Bajoe merupakan zona merah transmisi penyebaran virus corona. Untuk mengantisipasi penularannya, kawasan pelabuhan perlu diperketat pengawasannya. Terutama penumpang yang datang dari Bajoe, suhu badannya akan di cek terlebih dahulu. Termasuk jika terdapat keluhan lainnya maka akan ditangani KKP untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut,” ungkap Ratu Bulqis dalam keterangan tertulisnya, Jumat (15/5).

Ratu Bulqis menjelaskan, dalam penugasan monitoring area pelabuhan, Tim Kesbangpol juga berkoordinasi dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD), maupun Angkatan Laut (AL), Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Dirjen Perhubla) dan Syahbandar. Hal itu untuk menguatkan koordinasi dalam menangkal penyebaran virus corona.

“Untuk itu, agar memudahkan pengawasan, maka didirikan posko khusus percepatan pencegahan covid-19. Tujuannya agar tim yang bertugas tidak kecolongan. Sistem penugasan dibagi dalam empat shift. Dengan demikian, tim dapat bekerja lebih optimal,” terangnya. Untuk diketahui, sebelum itu Tim Kesbangpol Sultra melakukan pemantauan dan koordinasi di pintu masuk Kabupaten Kolaka. Tim diterima langsung Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kolaka. (adv/m6)

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy