Kecamatan Routa Konawe Bakal jadi Wilayah Pengembangan Industri Baru – Kendari Pos
Nasional

Kecamatan Routa Konawe Bakal jadi Wilayah Pengembangan Industri Baru

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa.

KENDARIPOS.CO.ID — Pengelolaan lahan perkebunan di ujung wilayah Konawe, tepatnya di Kecamatan Routa bakal berubah. Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa mengaku, saat ini tengah mempersiapkan perubahan rancangan tata ruang wilayah (RTRW) Kecamatan Routa dari wilayah perkebunan menjadi zona pengembangan industri baru di wilayah Konawe.

Keinginan Konawe-1 itu didasari besarnya kandungan mineral yang bisa diolah secara maksimal di Kecamatan Routa.

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa mengatakan, jika dikelola dengan baik, pendapatan daerah yang cukup besar bisa masuk ke Konawe, makanya Kecamatan Routa sengaja disiapkan sebagai kawasan industri baru dan terbarukan di Kabupaten Konawe.
“Kita target perubahan RTRW itu tuntas di tahun 2021,” ujar Kery Saiful Konggoasa kepada Kendari Pos, baru-baru ini.

Kery menambahkan, Kecamatan Routa memang punya kandungan mineral yang cukup besar. Beberapa negara, sebut Kery, sudah banyak yang mengklaim punya lahan di wilayah tersebut. Namun tak hanya di Routa saja, lanjutnya, mantan Ketua DPRD Konawe itu pun menyebut, beberapa wilayah lain di daerah berjuluk lumbung beras Sultra itu juga memiliki potensi mineral yang sangat besar jika dikelola dengan baik. “Bukan hanya nikel, kita juga kaya akan kandungan uranium. Wilayah penyebaran pun bukan di Routa saja, namun hingga Kecamatan Latoma dan Pondidaha,” tuturnya.

Ketua Harian DPW PAN Sultra itu melanjutkan, potensi mineral di perut bumi itu merupakan masa depan pembangunan di Kabupaten Konawe. Sektor industri tersebut akan mampu berkolaborasi dengan potensi kearifan lokal Konawe yang juga tengah dikembangkan yakni sektor pertanian, perikanan serta peternakan.

“Kita bersyukur dianugerahi sumber daya alam yang melimpah. Kita tanam apa saja di sini pasti tumbuh. Sehingga sangat tidak masuk akal kalau ada warga Konawe yang miskin,” tutur Bupati Konawe dua periode itu.

Kery menjelaskan, perubahan RTRW Konawe bukan hanya menyangkut kepentingan status Kecamatan Routa saja. Melainkan, ada beberapa kebijakan pula yang mesti diubah. Misalnya, batas wilayah administrasi Konawe, utamanya yang berada di tapal batas daerah pemekaran.

“Melalui RTRW itu kita akan tata kembali daerah Konawe ini. Termasuk, penataan rumah yang wajib mengantongi izin mendirikan bangunan (IMB) supaya pembangunan permukiman ini dapat kita kontrol,” pungkasnya. (adi/b).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy