Kadishub Sultra: Hendak Mudik, Harus Lewati Rangkaian Pemeriksaan Ketat – Kendari Pos
Metro Kendari

Kadishub Sultra: Hendak Mudik, Harus Lewati Rangkaian Pemeriksaan Ketat

Kadishub Sultra, Hado Hasina (baju putih) bersama Kepala BPTD Wilayah XVIII Sultra, Benny Yusuf saat meninjau penanganan calon penumpang di Pelabuhan Kendari.

KENDARIPOS.CO.ID — Lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah sebentar lagi tiba. Namun, dengan adanya wabah coronavirus disease (Covid-19), budaya mudik untuk menjalin silahturahmi saat lebaran tidak bisa dilakukan dengan mudah. Ada beberapa persyaratan harus dipenuhi pemudik.

Persyaratan utama adalah setiap pemudik harus membawa atau memiliki hasil rapid test. Selain itu, para pemudik juga harus melalui 7 item cek point oleh petugas Posko Pengendalian Transportasi.

Kadishub Sultra, Hado Hasina menyerahkan bantuan sembako

“Kalau tidak ada hasil rapid test, maka penumpang tidak berhak membeli tiket kapal,” ungkap Hado Hasina, Kadis Perhubungan Sultra melalui pesan singkat Whatsapp di Kendari, kemarin.

Mantan Pj Wali Kota Baubau menjelaskan, penumpang yang diperbolehkan untuk menggunakan sarana transportasi itu memiliki tanda. “Ada stempel yang dilekatkan di lengan calon penumpang untuk naik ke atas kapal. Tanpa itu, penumpang tidak akan bisa berlayar,” ujarnya.

Hado mengatakan, hal itu diterapkan untuk menghindari transmisi dan penyebaran Covid-19, di area simpul transportasi laut. “Prinsipnya sarana transportasi jelang lebaran akan tetap beroperasi. Namun, saat ini ada beberapa protokol kesehatan yang harus dipenuhi,” terangnya.

Dia mengharapkan agar petugas bisa mendapatkan perhatian. Pasalnya, mereka (petugas, red) memiliki risiko yang cukup besar terpapar, saat melayani masyarakat. “Mulai dari vitamin dan makan bergizi harus diperhatikan, agar tidak terpapar virus yang mengerikan tersebut. Rumah sakit dan pasien itu adalah akibat kelalaian kita. Karen tidak memperhatikan aspek alat pelindung diri (APD)  di simpul transportasi darat, laut dan udara,” pungkasnya. (yog)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy