Kades di Konkep Diimbau Jangan Main-main Salurkan BLT-DD – Kendari Pos
Konawe Kepulauan

Kades di Konkep Diimbau Jangan Main-main Salurkan BLT-DD

Bupati Konkep, H. Amrullah, MT (kiri) didampingi Wakilnya, Andi Muhammad Lutfi saat menyerahkan BLT-DD pada perwakilan desa se Kecamatan Wawonii Barat, kemarin.

KENDAIRPOS.CO.ID — Sejumlah Pemerintah Desa di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) sudah menyalurkan bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD). Penyaluran dana sosial bagi warga terdampak Covid-19 itu, sudah berlangsung sejak pekan lalu. Bupati Konkep, H. Amrullah dan Wakilnya, Andi Muhammad Lutfi, Ketua DPRD Konkep, Ishak, serta beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di wilayah itu, turun langsung memantau penyaluran BLT pada warga.

Konkep-1 itu menginstruksikan agar Kepala Desa (Kades) yang ada di otoritanya saat ini secepatnya menyalurkan bantuan bersumber dari DD, sebesar Rp 600 ribu tiap warga yang terdampak virus corona. “Penyaluran BLT ini, dimulai dari Kecamatan Wawonii Utara, Wawonii Tenggara dan sekarang kami salurkan secara simbolis desa-desa yang ada di Kecamatan Wawonii Barat,” kata Amrullah, di hadapan warga penerima BLT di Kecamatan Wawonii Barat, Senin (4/5).

Kata dia, bantuan tersebut bakal disalurkan selama tiga bulan, mulai April, Mei dan Juni. Ketua DPC parta Demokrat Konkep tersebut mengapresiasi kerja keras Kades, relawan desa dan tim Covid-19 dalam mensinkronkan data BLT-DD. “Jangan main-main dalam penyaluran BLT ini. Jika ada yang berani, saya sendiri yang akan langsung menyeretnya ke aparat penegak hukum. Semoga para Kades tidak ada yang main-main dalam penyaluran bantuan ini,” tegas Amrullah.

Selain BLT yang bersumber dari DD, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konkep juga menyiapkan anggaran Rp 12,5 miliar untuk penanganan Covid-19. Dari anggaran puluhan miliar yang disiapkan itu, antara lain untuk penanganan kesehatan, serta warga yang terdampak virus corona. Kata dia, hampir seluruh warga di Pulau Wawonii terdampak pendemi virus corona.

Pihaknya menganggarkan puluhan miliar rupiah untuk penagangan bencana nasional non alam itu. “Pemkab Konkep cukup besar menganggarkan penanganan corona, Rp 12,5 miliar. Tentu banyak anggaran fisik yang ditarik. Namun yang terpenting saat ini adalah kesehatan. Virus ini adalah ujian, saya mengajak seluruh warga Wawonii untuk tetap disiplin dalam mematuhi anjuran pemerintah,” tandas Amrullah. (b/san)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy