Jumlah Penderita DBD di Bombana Menurun – Kendari Pos
Bombana

Jumlah Penderita DBD di Bombana Menurun


KENDARIPOS.CO.ID — Sejak awal Januari 2020 hingga kini, jumlah penderita demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Bombana mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. Sampai awal Mei ini, pasien DBD yang tercatat pihak Dinas Kesehatan Bombana sebanyak 16 penderita dan 128 orang mengalami suspect. Penurunan angka penderita tersebut, erat kaitannya dengan masa pandemi Covid-19. Sebab dalam pencegahan virus corona, masyarakat Kabupaten Bombana telah menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Hal tersebut membuat DBD tak dapat menyebar luas.

dr. Sunandar

Pernyataan tersebut dilontarkan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Bombana, dr. Sunandar. Menurutnya, sejak wabah Covid-19 masuk awal Maret lalu, penderita DBD di Bombana semakin menurun. Padahal awal Januari hingga akhir Februari terdapat 13 kasus DBD yang positif sesuai uji forensik. “Dengan mewabahnya virus dari Kota Wuhan Cina hingga ke Indonesia bahkan Sulawesi Tenggara, banyak masyarakat mulai menerapkan hidup sehat dan bersih. Ketika lingkungan bersih maka dapat menghentikan perkembangan nyamuk aedes aegypti, sebagai pemicu DBD. Covid-19 ini ada positifnya juga, karena semua masyarakat mulai menerapkan hidup sehat dan menjaga lingkungan sekitar. Hasilnya dapat menekan angka penyakit yang lebih parah. Harapan kami ini akan terus diberlakukan oleh masyarakat,” papar Sunandar, Rabu (6/5).

Mantan Direktur RS Kabupaten Bombana itu juga menambahkan, untuk kasus positif DBD di Bombana terbanyak terjadi di Kecamatan Rumbia, Rumbia Tengah, Poleang, Poleang Barat dan Kabaena. Sedangkan untuk jumlah suspect sebanyak 128 orang laporannya berasal dari 22 Puskesmas yang tersebar di wilayah tersebut.

“Kami sangat berterima kasih pada teman-teman media yang telah membantu melakukan sosialisasi Dinas Kesehatan khususnya terkait DBD. Karena hingga saat ini sosialisasi DBD terus dilakukan untuk terus menekan jumlah penderita. Harapan kami tidak ada lagi yang positif DBD,” tandas Sunandar. (b/kmr)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy