Jangan Manfaatkan Corona Sebagai Pencitraan – Kendari Pos
Politik

Jangan Manfaatkan Corona Sebagai Pencitraan

Mochammad Afifuddin

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengimbau kepada para bakal calon kepala daerah Pilkada serentak 2020 untuk mengedepankan sisi moral dengan tidak memanfaatkan pandemi Covid-19 sebagai ajang pencitraan.

Komisioner Bawaslu RI Mochammad Afifuddin, mencontohkan bakal calon yang melakukan upaya pencitraan diri dengan membantu sosialisasi, penyemprotan disinfektan atau tindakan serupa lainnya hanya karena pencitraan diri hendaknya dihentikan. Tapi karena situasinya tahapan sudah berhenti, tidak mungkin Bawaslu melarang atas dasar tahapan. Yang Bawaslu harapkan adalah (calon) untuk tidak melakukan politisasi dalam makna yang sangat luas tidak dalam arti dipelanggaran pemilu (saja).

Dengan penundaan tahapan pilkada oleh KPU artinya menurut dia tugas-tugas pengawasan untuk pesta demokrasi itu juga ikut jeda sehingga tidak bisa melakukan penindakan jika ada dugaan pelanggaran yang dilakukan calon.

Oleh karena itu, Bawaslu hanya bisa mengimbau bakal calon untuk saat ini mementingkan sikap moral dengan tidak memanfaatkan hal-hal kemanusiaan sebagai kesempatan atau peluang politis mereka.

Sementara itu, KPU pada 21 Maret 2020 lalu sudah menerbitkan surat edaran penundaan tahapan Pilkada serentak sebagai upaya pencegahan penyebaran pandemi. (jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy