Iuran BPJS Kesehatan Kembali ke Tarif Lama – Kendari Pos
Metro Kendari

Iuran BPJS Kesehatan Kembali ke Tarif Lama

KENDARIPOS.CO.ID — Kabar gembira bagi pemegang kartu Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Mulai tanggal 1 Mei, iuran BPJS akan turun ke tarif lama sesuai putusan Mahkamah Agung tentang pengembalian tarif iuran peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Humas BPJS Kesehatan Sultra, Wawan mengatakan untuk peserta yang telah membayar pada Januari-April yang mengacu pada iuran Perpres Nomor 75 tahun 2019, akan dikompensasi di bulan berikutnya.

“Kami sudah menghitung kelebihan iuran peserta. Nantinya,iuran tersebut akan dikonversi pada pembayaran di bulan selanjutnya tanpa dilakukan pengembalian,” ujar wawan saat dikonfirmasi Kendari Pos.

Saat ini, pemerintah tengah menyiapkan rencana penerbitan Perpres yang mengatur keseimbangan dan keadilan besaran iuran antar segmen peserta. Perpres juga menganalisa dan memperhitungkan dampak terhadap kesinambungan program dan pola pendanaan JKN, termasuk konstruksi ekosistem jaminan kesehatan yang sehat dan peran pemerintah (pusat dan daerah).

“Pada prinsipnya, pihak BPJS menginginkan pelayanan kesehatan kepada peserta JKN-KIS tidak menemui hambatan. Terutama di tengah wabah pendemi Covid-19 ini,” kata Kepala Humas BPJS Kesehatan M Iqbal Anas Ma’ruf dalam keterangan tertulis

Dengan dikembalikannya iuran BPJS, bisa mengurangi beban ekonomi masyarakat dan peserta kembali lancar menyetorkan iuran tiap bulannya. “Ini merupakan bentuk gotong royong kerakyatan. Mudah-mudahan dapat mengurangi beban masyarakat di tengah wabah Covid-19 ini,” kata Iqbal. (b/m6)

Iuran JKS-KIS Mulai 1 Mei 2020
Kelas 1 Rp 160.000 Disesuaikan Rp 80.000
Kelas 2 Rp 110.000 Disesuaikan Rp 51.000
Kelas 3 Rp 42.000 Disesuaikan Rp 25.000

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy