Instruksi Nur Rahman: Mulai Hari Ini, Orang Luar Dilarang Masuk Kolut – Kendari Pos
Kolaka Utara

Instruksi Nur Rahman: Mulai Hari Ini, Orang Luar Dilarang Masuk Kolut

KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Kolaka Utara (Kolut), Nur Rahman Umar kembali menerbitkan lima poin instruksi terkait pembatasan sosial tertanggal 30 April 2020. Salah satu poin penegasannya yakni warga non Kolut tidak boleh masuk wilayah Kolaka Utara.

Instruksi bernomor 443.1/70 Tahun 2020 itu, tindak lanjut dari surat edaran menteri agama terkait panduan ibadah Ramadan dan Idul Fitri ditengah pandemik. Bupati menginstruksikan semua kegiatan ibadah di masjid baik wajib maupun sunnah termasuk salat hari raya di tempat terbuka ditiadakan untuk sementara waktu. 

Kadis Perhubungan Kolut, Ir Junus menyanpaikan empat poin instruksi lainnya yakni yang bukan warga Kolut mulai hari ini (1/5) tidak diperbolehkan masuk wilayah. Di pintu perbatasan mereka akan diminta pulang alias balik kanan. “Covid-19 ini tidak langsung ada dalam Kolut kalau tidak dibawa orang luar masuk, meski itu warga kita sendiri,” ujarnya, Sabtu (1/5).

Olehnya itu, bagi warga Kolut secara khusus yang datang dari luar masuk ke wilayahnya dipertegas wajib isolasi diri 14 hari. Dalam poin ke empat, tindak lanjut itu meminta seluruh jajaran pemerintah mulai dari camat-desa, masyarakat mematuhi. “Semua ASN tanpa terkecuali diminta mematuhi sekaligus mengawasi dan mengawal instruksi ini,” tegas Junus.

Instruksi ini diterbitkan setelah Kolut mendapat tambahan satu kasus positif baru. Berdasarkan penjelasan Jubir Gugus Tugas Covid 19 Kolut, dr. Syarif Nur, tambahan 1 kasus tersebut Laki-laki 41 tahun masih klaster Ijtimah Ulama Gowa beberapa waktu lalu. “Tanpa gejala, kondisinya sehat dan sudah kami karantina di ruang isolasi,”ucap dr  Syarif.

Kasus ke-4 tersebut positif berdasarkan hasil swab dan memiliki 20 orang riwayat kontak dari kasil penelusuran tim gugus tugas. Sementara dari 3 kasus lama sebelumnya satu diantaranya telah dinyatakan sembuh. 

ODP Kolut saat ini 171 Kasus. Dimana 158 selesai dalam pemantauan. Sementara itu PDP 4 kasus dimana satu diantaranya sudah dinyatakan negatif. “5 OTG Kolut semua negatif,” pungkasnya. (b/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy