IAIN Kendari Salurkan Zakat – Kendari Pos
Edukasi

IAIN Kendari Salurkan Zakat

Rektor IAIN Kendari Prof. Dr. Faizah Binti Awad saat menyalurkan zakat berupa bantuan pada masyarakat yang membutuhkan beberapa waktu lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Ditengah mewabahnya Covid-19 di Sulawesi Tenggara (Sultra). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari terus menunjukan kepedulian terhadap masyarakat maupun mahasiswa yang terdampak Covid-19. Kepedulian tersebut juga terlihat dari kampus biru tersebut saat memberikan bantuan kepada warga dan juga terlihat dari kampus biru tersebut saat memberikan bantuan kepada warga dan juga mahasiswa. Bantuan tersebut merupakan dana yang bersumber dari pembayaran Zakat Fitrah dan Profesi para dosen lingkup IAIN Kendari.

Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Faizah Binti Awad menuturkan bahwa pengumpulan zakat di lingkup IAIN Kendari merupakan bentuk ketaatan dosen dan pegawai terhadap kewajiban pembayaran zakat fitrah maupun profesi. Pembayaran melalui UPZ IAIN Kendari ini disertai komitmen agar dana tersebut dapat bermanfaat untuk mahasiswa dan juga warga di sekitar kampus. “Kami harapkan penyaluran zakat bisa bermanfaat bagi mahasiswa dan masyarakat yang terdampak Covid 19,” ungkapnya pekan lalu.

Sementara itu, Ketua UPZ IAIN Kendari, Dr. Muhamad Hadi menyebutkan, jumlah dana zakat fitrah yang terkumpul selama bulan Ramadan ini sebesar Rp 16 Juta. Dana ini disalurkan untuk mustahik dengan beberapa kriteria antara lain mahasiswa yang tidak pulang kampung akibat Covid-19, mahasiswa yang masuk kategori fakir dan miskin serta warga sekitar yang kurang mampu. Penerima zakat ini terdiri dari 60 orang mahasiswa dan 20 orang warga sekitar.

Sedangkan untuk zakat profesi yang telah dikumpulkan selama satu tahun, nilainya sebesar Rp 45 juta. Dana ini disalurkan untuk 50 orang warga sekitar kampus dengan kriteria fakir dan miskin, serta bantuan modal untuk pemilik usaha produktif. Sebagian besar dana juga akan disalurkan kepada mahasiswa dengan kategori fii sabilillah. “Namun untuk penyaluran zakat profesi kepada mahasiswa kami tangguhkan dulu karena masih akan dilakukan verifikasi keabsahan data kondisi mahasiswa yang bersangkutan,” jelasnya.

Selain penyaluran zakat, IAIN Kendari juga telah menyalurkan dana donasi peduli Covid-19 pada April lalu. Dana yang disalurkan hampir mencapai Rp. 20 juta yang merupakan sumbangan sukarela dari Dosen dan Pegawai untuk mahasiswa dan masyarakat terdampak Covid.

Untuk diketahui, satgas Covid-19 IAIN Kendari masih terus membuka donasi, dengan harapan masih akan ada penyaluran bantuan untuk tahap berikutnya kepada mereka yang belum tersentuh bantuan. (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy