HUT Konsel Dirayakan Sederhana, Surunuddin Berbagi 50 Ribu Paket Sembako – Kendari Pos
Konawe Selatan

HUT Konsel Dirayakan Sederhana, Surunuddin Berbagi 50 Ribu Paket Sembako

KENDARIPOS.CO.ID — Tak ada kemeriahan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-17 Kabupaten Konsel pada 2 Mei lalu. Padahal saban tahun, Expo (pameran pembangunan), lomba seni dan olahraga digelar selama sepekan dan ditutup dengan upacara HUT. Tahun ini, kemeriahan itu sirna. Tak ada kegiatan yang sifatnya pesta HUT kabupaten. Semuanya tak digelar akibat pandemi virus korona (Covid-19)

Satu-satunya kegiatan yang berkaitan HUT Konsel hanya pembagian sembilan bahan pokok (Sembako) yang digelar sederhana dan peluncuran bantuan langsung tunai (BLT) dana Desa terhadap 336 Desa se-Kabupaten Konsel. Kendati begitu, bukan berarti pembangunan diabaikan.

Duet Surunuddin dan Arsalim sebagai pasangan Bupati dan wakil Bupati Konsel, masih giat membangun infrastruktur di tengan musibah global, pandemi Covid-19. Pembangunan menyentuh sampai wilayah pedesaan sesuai jargon “Desa Maju, Konsel Hebat”. Aspek kesehatan, pendidikan dan pertanian tak luput dari polesan tangan duet Surunuddin dan Arsalim dalam memimpin daerah. Termasuk membangun jaringan telekomunikasi internet dan telepon seluler di wilayah terisolir serta menekan angka kemiskinan.

Bupati Konsel, H.Surunuddin Dangga mengungkapkan, pelaksanaan HUT Konsel di tengah pandemi Covid-19 ini sangat mengharukan. Biasanya HUT Konsel dihadiri tokoh pendiri dan tokoh masyarakat Konsel, namun kali ini hanya digelar sederhana. “Saya mengajak hadirin untuk mengirimkan doa para pendiri Konsel yang telah berjuang dalam pemekaran daerah. Saat ini Konsel tepat berusia 17 tahun,” ucapnya.

Surunuddin mengatakan penyaluran bantuan sosial disela-sela HUT Konsel kali ini sebagai langkah Pemda mengatasi kesenjangan sosial masyarakat yang terdampak Covid-19. Bantuan paket sembako itu untuk 50 ribu kepala keluarga (KK) terdampak di semua desa. “Olehnya saya minta kepada sejumlah camat dan desa untuk bekerja ssma dengan Bhabinkantibmas dan babinsa mendata warga terdampak untuk diberikan bantuan ini,” pintanya.

Surunuddin menyebut, sebelum covid-19 menerpa, angka KK miskin tersisa 20 ribuan saja. Kini tentu angka itu bertambah. Selain angka rentan miskin, beberapa KK yang ekonominya terdampak itu turut di data. “Termasuk KK yang kehilangan pekerjaan, dan yang di PHK di sebuah perusahaan. Jadi kita harapkan bantuan sembako ini bisa membantu dan menunjang kebutuhan masyarakat kita di tengah pandemi,” pintanya.

Terkait anggaran, sambung mantan ketua DPRD Konsel ini, pihaknya sudah merefoccusing dan rasionalisasi APBD Konsel sebesar 50 persen. Sehingga ketersediaan dana untuk melawan Covid-19 itu untuk Kabupaten Konsel aman. “Untuk tiga bulan kedepan kita sudah siapkan anggaran Rp 45 miliar. Ini dalam rangka melawan pandemi. Jadi selain belanja bantuan sembako, kita juga belanja Alat Pelindung Diri (APD) untuk diberikan kepada para tenaga medis kita sebagai garda terdepan dalam melawan virus mematikan ini,” ungkap Surunuddin.

Surunuddin menargetkan distribusi bantuan paket sembako ke 25 kecamatan ini, tuntas sebelum bulan ramadan berakhir. “Saya ingatkan kepada kepala desa, jangan ada oknum tertentu yang mengeruk keuntungan dalam penyaluran bantuan. Bantuan ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap rakyatnya di tengah pandemi,” tutupnya.

Di Kesempatan itu turut dilaksanakan penyerahan bantuan secara simbolis kepada sejumlah perwakilan kecamatan dan kelompok penyandang sosial lainnya. Selain itu, bupati secara resmi meluncurkan Perbup perubahan sebagai tanda dimulainya peluncuran BLT Desa. Perbup tersebut akan menjadi dasar bagi kepala desa dalam mencairkan BLT sebesar Rp 600 ribu per KK. (kam/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy