Hijaukan Kendari, Pemkot Tambah Ruang Terbuka Hijau – Kendari Pos
Metro Kendari

Hijaukan Kendari, Pemkot Tambah Ruang Terbuka Hijau

KENDARIPOS.CO.ID — Impian Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari menjadi sebuah kawasan yang layak huni perlahan mulai terwujud. Itu bisa dilihat dari aspek lingkungannya dimana daerah dibawah kendali duet pasangan Sulkarnain – Siska itu sukses menambah Ruang Terbuka Hijau (RTH)-nya. “Alhamdulillah, penataan infrastruktur dasar terus dioptimalkan. RTH kita bertambah 2,2 persen dari 16,26 persen pada tahun 2018, menjadi 18,46 persen pada 2019,” ungkap Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir.

Lebih lanjut kata Sulkarnain, sukses penambahan RTH tersebut tak lepas dari terbentuknya RTH Bungkutoko di kawasan Jalan Madusila (jembatan Talia-Bungkutoko). “Dengan semakin banyaknya RTH yang dibangun maka akan memperindah kawasan pemukiman,” tuturnya. Dengan hadirnya RTH Bungkutoko lanjut Sulkarnain, tentunya menambah daftar RTH yang dimiliki Pemkot menjadi 4 RTH. Dimana sebelumnya sudah ada taman kota (Tamkot), taman teratai dan taman Meohai Kendari Beach. “Pembangunan RTH tersebut perlu dilakukan seiring bertambahnya median jalan raya dan seiring perkembangan persebaran penduduk di Kota Kendari,” ungkapnya.

Pemkot Kendari terus menambah RTH. Tidak hanya menghijaukan, namun juga mempercantik wajah Kota. Tampak kawasan RTH Bungkutoko di waktu senja.

Berdasarkan data Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari, di RTH Bungkutoko terdapat sekira 500 pohon bunga yang telah ditanam. Rinciannya sebanyak 200 bunga jenis terompet kuning dan 300 bunga jelita. RTH tersebut selain menjadi kawasan konservasi untuk kelestarian hidrologis juga sudah menjadi kawasan wisata baru bagi warga metro. (b/ags)

Luas Ruang Terbuka Hijau
2018 16,26 Persen
2019 18,46 Persen

Kawasan RTH
Taman Kota (Tamkot)
Taman Teratai
Taman Meohai Kendari Beach
RTH Bungkutoko

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy