Hari Ini, THR ASN Dibayarkan, Berikut Daftar Besarannya – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Hari Ini, THR ASN Dibayarkan, Berikut Daftar Besarannya

KENDARIPOS.CO.ID — Menteri Keuangan Sri Mulyani menepati janjinya. Tepat hari ini, 15 Mei 2020, Tunjangan Hari Raya (THR) PNS, TNI, Polri, Pegawai Non-PNS, dan penerima pensiun atau tunjangan serentak dibayarkan. Rasa bahagia sudah pasti menyelimuti mereka yang berhak menerima THR. THR ini menjadi pelipur lara di tengah pandemi virus korona (Covid-19) ini.

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sultra Arif Wibawa mengatakan, Kemenkeu telah menyiapkan Rp 100 miliar untuk 21 ribu ASN, TNI dan Polri di Sultra. Hari ini THR sudah dapat dibayarkan kepada mereka yang berhak. Arif Wibawa menjelaskan THR juga diberikan kepada Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) dengan perkiraan alokasi sekira Rp 7,8 miliar untuk 3.700 pegawai, serta para pensiunan yang dibayarkan melalui PT. Taspen (Persero) untuk sekitar 30 ribu pensiunan.

“THR tahun 2020 sudah dapat dibayarkan paling lambat 15 Mei 2020, sepanjang telah diajukan oleh Satuan Kerja Kementerian/Lembaga kepada KPPN,” kata Arif di Kantor Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sultra, Kamis (14/5) kemarin.

Kata Arif, THR tidak diberikan kepada pejabat negara, dan kepada PNS, prajurit TNI, anggota Polri, pegawai Non-PNS pada Lembaga Non Struktural (LNS), Lembaga Penyiaran Publik (LPP), dan Badan Layanan Umum (BLU) yang setara dengan jabatan pimpinan tinggi (eselon I dan II) atau dalam jabatan setara jabatan pimpinan tinggi dan dalam jabatan fungsional ahli utama atau dalam jabatan setara jabatan fungsional ahli utama. (Lihat grafis).

“Pemberian THR tidak dikenakan potongan iuran dan atau potongan lain berdasarkan peraturan perundang-undangan, namun tetap dikenakan pajak penghasilan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan dan ditanggung pemerintah,” ungkap Arif Wibawa.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Kendari Pos dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sultra, THR diberikan sebesar penghasilan 1 (satu) bulan pada bulan Maret 2020. Ketentuannya bahwa THR bagi PNS, anggota TNI, dan Polri diberikan paling banyak sebesar gaji pokok, tunjangan keluarga, dan tunjangan jabatan atau tunjangan umum.

THR bagi Pegawai nonpegawai negeri sipil pada LNS atau LPP, dan pegawai lainnya diberikan sebesar nilai yang tercantum dalam lampiran Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 2020. Diktumnya berbunyi, THR bagi pegawai nonpegawai negeri sipil (PNS) pada BLU diberikan sebesar komponen gaji pada remunerasi, paling tinggi sebesar penghasilan yang diberikan kepada PNS dalam jabatan yang setara.

Adapun THR bagi penerima pensiun paling banyak meliputi pensiun pokok, tunjangan keluarga, dan/atau tunjangan tambahan penghasilan dan THR bagi Calon PNS diberikan paling banyak sebesar 80 % (delapan puluh persen) dari gaji pokok PNS, tunjangan keluarga, dan tunjangan jabatan atau tunjangan umum. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy