Hari Ini, Kota Kendari Berusia 189 Tahun : Perayaan HUT Ditiadakan – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Hari Ini, Kota Kendari Berusia 189 Tahun : Perayaan HUT Ditiadakan

KENDARIPOS.CO.ID — Lebih dari satu setengah abad usia Kota Kendari. Hari ini, 9 Mei 2020 Kota Kendari sejatinya merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-189. Mengingat pandemi virus korona masih melanda, seremoni HUT ditiadakan.

Menembus perjalanan waktu hingga hampir berusia dua abad, tentu banyak hal yang telah dilakukan Kota Kendari untuk daerah ini. Tak sedikit capaian yang telah diraih. Kendati memang masih ada beberapa “pekerjaan rumah” yang masih perlu disempurnakan. Apalagi saat ini, Pemkot punya kompisisi pemimpin yang lengkap dengan kehadiran dr. Hj. Siska Karina Imran sebagai Wakil Wali Kota Kendari. Sebelumnya, Sulkarnain Kadir menakhodai Kota Kendari seorang diri selama dua tahun.

Dengan komposisi lengkap itu, Wali Kota Kendari H. Sulkarnain Kadir mengajak seluruh elemen pemkot dan masyarakat untuk bersinergi membangun daerah. Sesuai dengan visi misinya (Pemkot, Red) yakni menjadikan Kendari sebagai Kota Layak Huni, dimana sudah tertuang dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menegah Daerah) Pemkot 2017 – 2022. “Tentu misi ini membutuhkan dukungan dan partisipasi dari berbagai elemen sebagai satu kesatuan untuk mewujudkan target yang diharapkan,” kata Sulkarnain, Jumat (8/5) kemarin.

Ia membangun sinergi dengan seluruh perangkat daerah untuk mencapai target pembangunan. Untuk itu, dibutuhkan komitmen bersama semua elemen untuk menjadikan Kendari sebagai kota metropolis layak huni. “Semua sudah kami benahi. Untuk layanan informasi semua sudah berbasis IT mulai ditingkat pemkot hingga ditingkat kelurahan. Untuk mewujudkan kota layak huni, hal paling mendasar adalah lingkungan harus bebas dari sampah dan pelayanan kesehatan harus diprioritaskan,” tuturnya.

Terpisah, Wakil Wali Kota Kendari, dr.Siska Karina Imran mengaku siap mendukung dan menjalankan segala kebijakan Pemkot yang telah digagas sebelumnya. Meski baru seumur jagung berada dalam lingkup pemerintahan, dr.Siska dengan segenap kemampuannya siap berkerja maksimal. “Masih ada waktu untuk mewujudkan visi misi Kota Kendari ini. Saya melihat sejauh ini kepemimpinan wali kota meski seorang diri sudah berhasil membawa perubahan. Insya allah dengan hadirnya saya mendampingi beliau, impian kita semua agar Kendari menjadi kota layak huni itu bisa tercapai,” kata dr. Siska, Jumat (8/5).

Langkah mewujudkan Kendari sebagai kota layak huni, dr.Siska akan memulainya dengan menjadikan Kota Kendari sebagai kota layak anak (KLA) dengan mengadvokasi dan mengedukasi keluarga terkait pentingnya perlindungan anak. “Sudah sepatutnya kita berkewajiban untuk memenuhi dan melindungi serta menghormati hak anak. Tahun 2019, kita sudah dapat predikat KLA Kategori Madya. Itu harus ditingkatkan. Kita harus gandeng semua elemen masyarakat dan penegak hukum,” ujar dr.Siska.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan mengatakan terdapat tiga misi utama yang akan dilakukan pemkot untuk menciptakan Kendari sebagai kota layak huni. Yaitu menciptakan pelayanannya berbasis teknologi, informasi dan ekologi (lingkungan). “Secara kelembagaan, kami akan terus bekerja sama dengan Pemkot agar dapat memajukan daerah ini yang merupakan masa depan Sultra,” kata Subhan. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy