Hari Ini, GTC Sultra Salurkan Ribuan Paket Sembako di Seluruh Wilayah Kepulauan – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Hari Ini, GTC Sultra Salurkan Ribuan Paket Sembako di Seluruh Wilayah Kepulauan

KENDARIPOS.CO.ID — Sekira tiga bulan Pemprov Sultra dalam kendali Gubernur Ali Mazi bersama Forkompimda dan masyarakat Sultra bekerja keras melawan dan menahan laju serangan “musuh” bernama Covid-19. Tak terhitung lagi peluh, energi dan tenaga yang tercurah dalam “perang” menumpas virus korona. Anggaran miliaran rupiah dari realokasi APBD sudah diporsikan.

Tiga bulan bergelut memperkecil ruang gerak penyebaran virus dengan melakukan social dan physical distancing bukan tanpa ada hasil. Kini tren wabah Covid-19 mengalami penurunan. Data Gugus Tugas Covid-19 (GTC) Sultra, per tanggal 10 Mei 2020 tercatat 70 Kasus dengan rincian 15 sembuh, 2 meninggal dunia dan 53 lainnya masih dalam proses perawatan. Angka kematian yang minim menjadi bukti Pemprov Sultra melalui Gugus Tugas Covid-19 (GTC) bekerja keras. Terutama tenaga medis dan tim Satgas lainnya.

Gubernur Sultra, Ali Mazi selaku Ketua Satgas GTC Sultra pun tak menampik kerja keras tenaga medis. Ucapan terima kasih setinggi-tingginya dilontarkan Ali Mazi untuk perawat dan dokter atas segala pengorbanan dan risiko yang dihadapi. Sebut saja, mereka meninggalkan keluarga hingga berbulan-bulan. Nyawa dipertaruhkan pun siap dijalani oleh para tim medis yang berhadapan langsung dengan pasien yang terpapar Covid-19.

“Terima kasih para tenaga medis. Kalian adalah pahlawan sejati yang saat ini tengah bertarung melawan Covid-19 demi melindungi masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Sultra. Dengan segenap kemampuan, insentif dan pemberian fasilitas menjadi langkah yang disiapkan oleh pemerintah sebagai penghargaan atas jasa-jasa para tenaga medis,” tutur Ali Mazi saat ditemui di Rumah Jabatan Gubernur Sultra, Minggu (10/5) kemarin.

Tidak hanya tenaga medis, Ali Mazi mengungkapkan bahwa Satgas GTC Sultra telah bertarung dengan maksimal, terkait percepatan penanganan Covid-19. Keseriusan dirinya bersama Satgas GTC Sultra dalam memotong mata rantai Covid-19 pun telah dilakukan. Langkah-langkah itu telah dilakukan sejak tanggal 15 Maret 2020 bertempat di Rujab Gubernur Sultra.

“Menindaklanjuti Perpres No. 7. Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dihadiri Wakil Gubernur Lukman Abunawas, Forkopimda Sultra, dan kepala OPD menetapkan Penetapan Tanggap Darurat tentang Covid 19). Kita juga membentuk gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Provinsi Sultra. Mengidentifikasi dan memantau jalur masuk ke Sultra melalui darat, laut, dan udara kita lakukan saat itu juga. Termasuk berkoordinasi dengan seluruh pemerintah daerah kabupaten dan kota terkait Covid 19,” ungkap Ali Mazi.

Gubernur Sultra Ali Mazi pun menyiapkan fasilitas kantor bagi tim gugus tugas di kompleks Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra sebagai posko percepatan penanganan penyebaran Covid-19. Selain itu, intens berkoordinasi dengan BNPB pusat terkait percepatan penanganan penyebaran Covid-19. “Tidak kalah penting adalah penyebaran informasi tentang Covid-19 kepada masyarakat hingga meliburkan sekolah mulai dari tingkat TK, SD, SMP, SMA sampai perguruan tinggi guna memutus mata rantai Covid-19,” terangnya.

Gubernur bahkan menggelar rapat terbatas di Rujab Gubernur untuk menindaklanjuti Kepres No. 7 tahun 2020 tentang GTC. Pemprov Sultra juga mengalokasikan anggaran untuk penanganan Covid-19 sebesar Rp 400 miliar. Langkah terakhir yang dilakukan guna penanganan Covid-19, Ali Mazi mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) 10 tahun 2020, tentang perubahan ketiga atas Pergub Sultra nomor 33 tahun 2020 tentang penjabaran APBD tahun 2020. Anggaran sebesar Rp 400 miliar pun dapat digunakan. Dengan keluarnya Pergub tersebut, GTC Sultra tancap gas memberantas Covid-19.

Rincian kegiatan percepatan penanganan Covid-19 siap diimplementasikan. Hari ini, GTC Sultra akan memulainya dengan penyaluran sembako kepada masyarakat di seluruh wilayah Sultra. “Langkah awal kita akan distribusikan 5.000 paket sembako di wilayah Kepulauan, yakni Buton Selatan, Buton Utara, Buton dan Baubau. Daerah tersebut menjadi daerah pertama. Rentang kendali dan informasi dengan tingkat urgensi yang telah diperhitungkan menjadi alasan wilayah kepulauan menjadi tujuan pertama,” jelas Ali Mazi.

Satgas GTC bersama Pemprov Sultra telah bekerja optimal. Namun, diakui Gubernur Ali Mazi bahwa penanganan Covid-19 tidak bisa dilakukan sendiri. “Masalah Covid-19 adalah masalah bersama. Mari kita bergandeng tangan, bahu-membahu seluruh masyarakat Sultra baik yang berada di Sultra maupun yang berada di luar Sultra,” ajak Ali Mazi. (yog/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy