Genjot Ekpor, Disperindag Sultra Buka Layan SKA Online – Kendari Pos
Metro Kendari

Genjot Ekpor, Disperindag Sultra Buka Layan SKA Online

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sultra terus melakukan terobosan guna menggenjot ekspor di Bumi Anoa. Salah satunya membuka pelayanan pengurusan Surat Keterangan Asal (SKA) barang ekspor secara online. Yang menarik, layanan ini dibuka full atau 24 jam penuh.

Kepala Disperindag Sultra, Siti Saleha mengaku akan berupaya mendorong bagaimana peningkatan ekspor disektor pertanian, perkebunan dan perikanan. Bahkan untuk kemudahan pelayanan telah dibentuk klinik ekpor untuk melayani kendala-kendala yang dihadapi masyarakat. “Jadi bukan hanya pelayanan online untuk pengurusan dokumen termasuk klinik ekpor. Kami terus bersinergi dengan Bea Cukai, Karantina guna menjawab kendala-kendala yang dihadapi pengusaha,”terangnya.

Saat ini, pemerintah berkomitmen memberikan kemudahan-kemudahan kepengurusan ekspor. Guna mendorong dan mempertahankan kinerja espor ditengah wabah Corona. “Jadi salah satu kemudahan yang diberikan dengan pelayanan, kita berikan 24 jam.  Jadi pelayana penerbitan dokumenya itu secara online dilaksanakan 24 jam. Sehingga perusahaan-perusahaan baru yang akan melakukan ekspor, tidak perlu lagi berurusan dikantor dan dokumenya tinggal dikirim, nanti kita bantu input,” ungkapnya.

Seluruh proses pengajuan hingga penerbitan SKA saat ini sudah dilakukan secara online. Sehingga intensitas pertemuan pelaku usaha eksportir dengan petugas semakin minim. Dimana pertemuan hanya terjadi saat pelaku usaha akan mengambil dokumen SKA yang telah ditandatangani. “Jadi kemudahan ini juga diberikan kepada eksportir baru. Sehingga mereka akan sangat terbantu dengan proses penginputan dan penerbitan dokumen SKA. Bahkan tidak perlu dilakukan pertemuan secara langsung. Dalam hal ini physical distancing dapat diterapkan secara optimal,”ucapnya. 

Guna mendukung percepatan pelayanan ekspor, pihaknya telah mengajukan kepada kementerian perdagangan RI untuk dapat mengaplikasikan penerapan affixed signature and stamp atau tanda tangan dan stempel secara elektronik.  Upaya ini untuk penerbitan dokumen SKA, sehingga akan ada kemudahan bagi eksportir serta tidak ada lagi pertemuan secara langsung antara eksportir dan petugas ketika melakukan penerbitan SKA.

“Ekpor kita masih meningkat,  ketakutan kita memang satu dua bulan ke depan, makanya sebelum terjadi penurunan kita langsung genjot kinerja kita. Sehingga nantinya ekpor tidak jadi turun malah akan tetap stabil atau bahkan meningkat. (b/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy