Gelandangan dan pengemis Dadakan di Kendari Mulai Bermunculan – Kendari Pos
Metro Kendari

Gelandangan dan pengemis Dadakan di Kendari Mulai Bermunculan

Memasuki bulan Ramadan, gelandangan dan pengemis (Gepeng) dadakan mulai berkeliaran di Kota Kendari mulai berkeliaran. Mereka kerap duduk di bahu jalan dan kawasan lampu merah. MUHAMMAD ABDI ASMAUL AMRIN/KENDARI POSH

KENDARIPOS.CO.ID — Gelandangan dan pengemis (Gepeng) di Kota Kendari mulai berkeliaran sejak memasuki bulan Ramadan. Kemunculan pengemis dadakan ini cukup meresahkan. Pasalnya, Kota Kendari telah ditetapkan sebagai wilayah transmisi lokal penyebaran Covid-19. Jika dibiarkan, para gepeng ini rentan terjangkit penyakit menular ini.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kota Kendari, Amir Hasan mengakui adanya keberadaan gepeng dadakan. Untuk mengantisipasi hal itu, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial (Dinsos) dan Polres Kendari akan melakukan razia bersama. “Kami rutin razia bersama dalam menertibkan pengemis yang berada di sejumlah ruas jalan.Bahkan dari bulan lalu hingga saat ini (Ramadan, Red), tiap hari anggota patroli pagi sore sampai malam hari,” kata Amir Hasan kemarin.

Bukan hanya gepeng, anak jalanan (Anjal) dan manusia gerobak tak luput dari pantauan. Sejauh ini pihaknya juga sudah melakukan pemetaan terhadap kemunculan pengemis dan manusia gerobak dadakan jelang bulan suci Ramadan. “Seluruh wilayah kota Kendari kami sudah petakan terkhusus semua setiap lampu merah. Kami akan turun lagi (Razia, Red),” kata Amir.

Bagi gepeng yang kedapatan dalam razia,a pihaknya tidak akan segan untuk melakukan penindakan (diangkut, Red) untuk kemudian digiring di Kantor Satpol PP untuk mendapatkan pembinaan. “Kalau sudah dibina awal, mereka kami serahkan ke Dinsos untuk didata dan dibina lanjutan,” ungkapnya.

Berdasarkan pantauan Kendari Pos, memasuki hari ke 15 Ramadan (kemarin, Red) tidak sedikit gepeng bermunculan. Mereka kerap muncul di kawasan lampu merah dan sejumlah ruas jalan termasuk di depan Citra Land Kendari. Mereka tampak berada di bahu jalan sambil memarkirkan gerobaknya. Para gepeng datang dengan anggota keluarga dan anak kecil. Sejumlah pengendara yang merasa iba kerap singgah memberikan makanan atau memberikan sesuatu kepada mereka. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy