Garap Kolam Retensi, BWS Kendari Siapkan Waduk Regulasi – Kendari Pos
Nasional

Garap Kolam Retensi, BWS Kendari Siapkan Waduk Regulasi

KENDARIPOS.CO.ID — Pihak Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi IV Kendari, memperlihatkan fokus kerja maksimal pada program pengendalian banjir di Kota Kendari. Pada Rabu (20/5) lalu, unsur Pimpinan Komis V DPR RI yang juga Wakil Rakyat asal Sulawesi Tenggara, Ir. Ridwan Bae didampingi Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi IV Kendari, Dr. Ir. Haeruddin C. Maddi, ST., M.Si memantau lokasi pembangunan kolam retensi di kawasan Boulevard.

Dalam kesempatan itu, Haeruddin C. Maddi memaparkan, progres pembangunan kolam retensi sudah sekitar 20 persen dan diharapkan selesai pada akhir tahun ini. Kapasitas tampung dua kolam retensi disebut mencapai 500.000 m3. Selain kemampuan mereduksi banjir, kolam itu juga bisa berfungsi sebagai spot baru wisata dalam kota, termasuk manfaat lain sebagai area sport dan ruang terbuka. “Kedepan tampungan ini juga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan air baku Kota Kendari,” proyeksi Kepala BWS Sulawesi IV Kendari itu.

Kunjungan dilanjutkan dengan meninjau hulu di kawasan Nanga-nanga yang menjadi lokasi rencana pembangunan waduk regulasi (regulation pond). Kepala Balai dalam penjelasannya menyebutkan, tahun ini sedang dilakukan studi detail. Rencananya tahun 2021-2022 sudah bisa dimulai pekerjaan konstruksinya. Luas areal yang dibutuhkan termasuk fasilitas dan landscap serta parking area sekitar 40 hektare. Waduk ini nanti memiliki fungsi utama pengendali banjir kota, disamping fungsi-fungsi lain seperti wisata pendidikan, konservasi dan menambah cadangan air baku. “Kapasitas tampung direncanakan sekitar 1,5-2 juta m3. Ini akan mampu mereduksi banjir Kota Kendari khususnya yang berasal dari DAS Wanggu. Pembangunannya direncanakan terintegrasi secara keseluruhan dalam paket Kendari Floof Control. Pekerjaannya terdiri dari pembangunan waduk pengendali banjir, pembangunan pengendali sedimen di hulu, peningkatan drainase dalam kota, serta lanjutan pembangunan tanggul,” papar Haeruddin C. Maddi.

Ia mengharapkan, proyek tersebut bisa didanai dengan sistem multi years contract selama kurang lebih tiga tahun. Kunjungan juga dilanjutkan ke beberapa titik yang rawan tergenang banjir. Diproyeksi, setelah peningkatan kapasitas dan berfungsinya satu sistem pengendalian dari hulu sampai ke hilir, permasalahan banjir Kota Kendari bisa teratasi. Sementara itu Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Ridwan Bae memperlihatkan dukungan penuh pada rencana tersebut, karena dianggap strategis untuk fungsi pelayanan di Kota Kendari sebagai ibu kota provinsi. Politikus Senior Partai Golkar itu berjanji segera mengomunikasikan hal tersebut ke Gubernur dan Wali Kota Kendari, terutama terkait pembebasan lahan pembangunan waduk regulasi itu. (*/adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy