Empat Provinsi jadi Acuan Penerapan New Normal – Kendari Pos
Nasional

Empat Provinsi jadi Acuan Penerapan New Normal

Presiden Joko Widodo (Jokowi)


KENDARIPOS.CO.ID — Presiden Joko Widodo (Jokowi) tengah menyiapkan kebijakan baru agar masyarakat tetap beraktivitas di tengah mewabahnya virus Korona jenis baru atau Covid-19. Penerapan awal yang menjadi acuan diterapkannya new normal lebih dulu di empat provinsi yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Barat, dan Gorontalo.

Ratusan personel gabungan dari TNI-Polri turut disiagakan untuk mengamankan 1.800 titik yang akan dipantau. Nantinya, tatanan kehidupan baru itu harus lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan Covid-19. “Ini akan kita lihat dalam satu minggu dampaknya bagaimana, kemudian akan kita lebarkan ke provinsi, kabupaten/kota lainnya apabila terdapat perbaikan,” kata Presiden Jokowi saat meninjau Summarecon Mall Bekasi, Jawa Barat, Selasa (26/5).

Jokowi mengharapkan, masyarakat lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Sehingga bisa memulai kehidupan melalui tatanan baru. “Kita ingin sekali lagi masuk ke normal baru, tatanan baru dan kita ingin muncul kesadaran dan kedisiplinan kuat,” tegas Jokowi.

Oleh karena itu, Presiden Jokowi mengharapkan TNI-Polri dapat mengawasi pelaksanaan di lapangan untuk memastikan masyarakat menerapkan protokol kesehatan Covid-19. “Pakai masker, jaga jarak, dan hindarkan orang dari kerumunan atau berdesakan,” pungkasnya.

Ratusan ribu aparat keamanan akan dikerahkan untuk menyiapkan strategi pengamanan new normal selama pandemi Covid-19. Presiden Joko Widodo pun telah meninjau kesiapa penerapan new normal di Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Selasa (26/5). “Anggota TNI-Polri yang akan dilibatkan kurang lebih 340.000. Karena kita harus mengamankan 1.800 titik,” kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Selasa (26/5).

Hadi menuturkan, ratusan ribu personel gabungan itu akan dikerahkan untuk mengamankan empat provinsi dan 25 kabupaten/kota yang sudah diputuskan untuk menerapkan new normal. Keempat provinsi yang dimaksud yakni, DKI Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Barat dan Gorontalo. Terdapat 1.800 objek yang akan dijaga di empat provinsi tersebut. “Pelaksanaan pendisiplinan dilaksanakan bertahap seperti di tempat lalu lintas masyarakat, stasiun dan (tempat perbelanjaan),” beber Hadi.

Hadi mengharapkan, meski nantinya prekonomian berangsur normal. Namun, masyarakat tetap diimbau untuk dapat disiplin menerapkan protokol kesehatan Covid-19. “Pertama seluruh masyarakat kita awasi supaya tetap memakai masker, kedua dalam berkegiatan harus jaga jarak aman, kemudian kita sediakan tempat mencuci tangan atau hand sanitizer,” tukas Hadi.(jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy