Efektifitas Belajar di Rumah, Dikbud Sultra Minta Dukungan Orang Tua Siswa – Kendari Pos
Metro Kendari

Efektifitas Belajar di Rumah, Dikbud Sultra Minta Dukungan Orang Tua Siswa

Asrun Lio

KENDARIPOS.CO.ID — Masa belajar di rumah telah diperpanjang hingga 29 Mei mendatang. Putusan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra itu merujuk surat edaran (SE) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) nomor 3 tahun 2020 tentang pencegahan covid-19 di tingkat satuan pendidikan.

Plt Kepala Dikbud Sultra, Asrun Lio mengatakan proses belajar di rumah harus butuh dukungan orang tua. Agar efektif, orang tua harus ikut melakukan pembimbingan dan mengontrol proses belajar anak belajar. “Kami harapkan orang tua siswa bisa mengontrol dan mengingatkan anaknya untuk tetap belajar,” ujarnya kemarin.

Siswa dengan belajar di rumah kata dia, lebih menyenangkan dikarenakan waktu siswa di rumah di tengah pandemi covid-19 ini hampir 24 jam. Sehingga ada perbedaan suasana antara berada di lingkungan sekolah dan dirumah. “Kalau disekolah kan tidak terlalu lama waktunya. Tapi sekarang belajar diarahkan dari rumah saja tentu waktunya 24 jam full berada di rumah,” ungkapnya.

Selain itu lanjut Asrun, siswa boleh belajar apa saja sesuai dengan minat masing-masing dan tidak ada batasan spesifik. Sebab yang ingin ditumbuhkan ketika proses belajar mengajar di rumah adalah life skill siswa. “Bisa juga belajar terkait Covid-19. Dan belajar di rumah itu dalam rangka menumbuhkan life skill siswa,” katanya.

Guna menunjang proses belajar mengajar, pihaknya pun telah menyediakan berbagai fasilitas belajar siswa dengan menyediakan laman belajar di rumah. Dilaman tersebut ujarnya, sudah tersedia berbagai mata pelajaran. “Tinggal masuk saja di laman tersebut (Portal Rumah Belajar, Red), dan bisa belajar sesuai kebutuhan masing-masing siswa,” kata Asrun Lio. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy