DPRD Bombana Enggan Perjalanan Dinasnya Dikurangi – Kendari Pos
Bombana

DPRD Bombana Enggan Perjalanan Dinasnya Dikurangi

Darwin Ismail

KENDARIPOS.CO.ID — Anggota Dewan Perwakilan Daerah Bombana (DPRD) Kabupaten Bombana disebut menolak saat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) akan memotong dana perjalanan dinas mereka sebesar 50 persen. Padahal pengurangan anggaran itu sesuai surat keputusan bersama (SKB) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Menteri Keuangan (Menkeu) dan tertuang pada surat nomor 119/2813/ SJ, nomor 177/KMK.07/2020. Pernyataan itu dilontarkan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bombana, Darwin Ismail. Ia mengungkapkan, sempat ada perdebatan saat BPKAD akan melakukan pemotongan biaya perjalanan dinas para wakil rakyat itu.

“DPRD awalnya menolak saat kami akan potong perjalanan dinasnya sebesar 50 persen untuk dirasionalisasikan ke dana penanganan Covid-19. Karena anggaran seluruh OPD jajaran Pemkab Bombana juga sudah dipotong sebesar 50 persen,” katanya. Darwin mengaku harus bolak balik tiga kali melakukan pertemuan dan rapat bersama anggota DPRD Bombana untuk menuntaskan pembahasan tersebut. “Mereka masih menolak dan akhirnya tetap kami lakukan pemotongan, karena ini kebijakan pemerintah pusat yang tidak diatur dalam peraturan bupati,” tegasnya. Darwin menambahkan, Pemkab Bombana telah mengumpulkan Rp 48 miliar anggaran untuk digunakan menanggulangi Covid-19.

Ketua DPRD Bombana, Arsyad, yang dikonfirmasi beralasan, pihaknya tak pernah menolak pemotongan anggaran perjalanan dinas untuk kepentingan penanganan Covid-19. Bahkan kata Ketua DPD Nasdem Bombana itu, 100 persen pun dana mereka dipotong, para legislator akan menerima, karena untuk kepentingan seluruh masyarakat Bombana. “Kami tidak pernah menolak. Kenapa kemudian alot diskusinya, itu karena DPRD harus tahu anggaran Covid-19 tersebut digunakan untuk apa saja. Karena uang ini bukan uang pribadi tetapi milik negara. Kami DPRD wajib tahu anggaran itu digunakan untuk apa saja dan berapa besarannya,” tegasnya. (b/kmr)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy